F13-durian1

Lombok Utara, andalkan komoditi perkebunan

Lombok Utara (Utarakita) – Kabupaten Lombok Utara mengandalkan komoditi perkebunan. Besar peluang, Kabupaten Dayan Gunung ini bakal menjadi lumbung durian, cengkeh, coklat, dan kopi di NTB. Hal itu bisa dilihat dari meningkatnya kualitas maupun kuantitas produksi komoditi perkebunan tersebut di sejumlah kawasan Lombok Utara.
Bupati Kabupaten Lombok Utara, H Djohan Sjamsu, Selasa, mengatakan, selain sektor pertanian, Lombok Utara juga menghasilkan sejumlah produk perkebunan yang berkualitas bagus. Antara lain, produksi cengkeh, kopi, coklat, dan durian.

Untuk produksi cengkeh, Pemkab Lombok Utara mengandalkan kawasan perkebunan Selelos (Kecamatan Tanjung), Santong (Kecamatan Kayangan). Sedangkan, Dusun Pawang Tenun, Desa Akar-Akar, Kecamatan Bayan akan menjadi salah satu lumbung penghasil coklat, kopi, dan durian.

‘’Desa Leong di Kecamatan Tanjung dan Selelos Kecamatan Gangga juga merupakan daerah yang sangat potensial sebagai penghasil coklat, durian, dan kopi,’’ ungkapnya.

Untuk itu kata Djohan, pihaknya sudah membuka akses jalan (hot mix) menuju kawasan perkebunan Selelos maupun Leong.

‘’Kita sudah membuka akses jalan yang bagus menuju daerah-daerah yang mempunyai potensi perkebunan andalan. Sekarang kita bisa pakai mobil ke Selelos dan Leong,’’ tegasnya.

Sayangnya, akses jalan ke salah satu desa potensial penghasil kopi, coklat, dan durian di Dusun Pawang Tenun, Desa Akar-Akar, Kecamatan Bayan masih belum dibuka. Padahal, potensi perkebunan di sekitar kawasan perbukitan Bayan ini juga sangat menjanjikan. Hal itu bisa dilihat dari luasnya hamparan kebun coklat, kopi, maupun durian di kawasan ini.

Secara terpisah, petani asal Pawang Tenun, Abdul Basit, 34, menyebutkan, rata-rata, setiap warga Pawang Tenun ini memiliki lahan perkebunan seluas satu hektar.

‘’Kawasan perkebun di wilayah Akar-Akar ini merupakan penghasil kopi dan coklat terbaik di Lombok Utara,’’ kata Abdul Basit yang juga seorang guru SD ini.

Begitu pun halnya dengan durian, dia yakin dalam beberapa tahun ke depan Kecamatan Bayan bakal menjadi daerah penghasil durian terbaik di NTB.

Untuk itu, ia berharap, pihak terkait memprioritaskan pembukaan akses jalan ke Pawang Tenun ini. ‘’Semoga akses jalan menuju dusun kami yang sangat potensial menjadi daerah penghasil sejumlah komoditi andalan ini bisa segera dibuka,’’ tandasnya. (Apink Alkaff)

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda