Dusun-Buani-Desa-Bentek-Kecamatan-Gangga-Kabupaten-Lombok-Utara-NTB

Buani, pusat Bhuddis Lombok Utara

Utarakita (Lombok Utara) – Salah satu keunikan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dibanding kabupaten lain adalah keanekaragaman budaya penduduknya. Salah satunya, aset wisata religi bagi penganut Bhudda yang terpusat di Dusun Buani, Desa Bentek, Kecamatan Gangga. Di dusun kaki bukit ini terdapat ribuan penganut Sidarta Gautama yang bersuku Sasak. Sayangnya, sederet potensi budaya yang dimiliki kabupaten termuda di NTB ini belum sepenuhnya tergarap.

Dari lima kecamatan di Lombok Utara, umat Bhuddis banyak tersebar di Kecamatan Pemenang, Tanjung, dan Gangga. Dengan jumlah penganut Bhudda yang mencapai ribuan orang. Menariknya, umat Bhuddis yang bersuku Sasak ini paling banyak ada di Lombok Utara. Bahkan, ketua Bhikku se-NTB yang biasa disebut Bante Attakaro juga menetap di Lombok Utara. Tepatnya di Vihara Giri Metta Bhavana Arama, Dusun Buani, Desa Bentek, Gangga.

Disamping Dusun Buani terdapat salah satu tokoh Bhuddis NTB, Vihara Giri Metta Bhavana Arama juga tergolong tempat ibadah umat Bhudda terbesar di NTB. Tak heran, Vihara Metta Bhavana Arama di Dusun Buani kerap menjadi tujuan wisata religi bagi penganut Bhudda dari luar daerah. ‘’Bahkan, sejumlah penganut Bhudda dari luar negeri juga kerap mendatangi Dusun Buani,’’ kata Pramudia Dharma Pala salah seorang pemuda Bhuddis asal Buani beberapa waktu lalu.

Tidak itu saja jelas Dharma, tempat meditasi di kawasan hutan yang ada di depan vihara juga sering dikunjungi para bhikku mancanegara. ‘’Di tempat ini pernah digelar meditasi yang diikuti para bhikku dari berbagai negara asia,’’ ungkap tokoh muda Bhuddis Dusun Buani ini. (Apink Alkaff)

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda