Tampak depan kampung adat Segenter yang sebagian rumahnya mulai berubah menjadi rumah modern

Dusun adat Segenter terancam punah

Keunikan kampung adat Segenter, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, terancam punah. Sebagian rumah tradisional di kampung tradisional ini sudah berubah bentuk menjadi rumah modern. Kemajuan zaman dan peningkatan pola hidup melindas kearifan lokal yang cukup lama terjaga. Ironisnya, kondisi ini dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya penyelamatan.

Derasnya arus modernisasi yang tak terbendung menyeret salah satu aset wisata budaya Lombok Utara. Rumah-rumah adat yang dulunya berjejer unik kini tampak tidak menarik lagi. Rumah modern kian banyak bermunculan. Sementara, rumah-rumah tradisional kian lapuk dan tidak terurus. Bahkan, beberapa diantaranya sudah dijual.

Dalam kurun waktu sekitar 15 tahun terakhir, sekitar 18 rumah tradisional Segenter sudah bentuk menjadi rumah modern. Sebagian besar warga beralasan, harga ilalang lebih mahal dari harga genteng atau harga asbes.

Memang, ada awik-awik yang mengatur dusun tradisional penganut budaya Wetu Telu ini. Hanya saja, awik-awik itu mulai diabaikan. Dalam awik-awik tersebut, warga Segenter dilarang menjual pekarangannya dan dilarang membangun rumah yang berarsitek selain rumah lumbung khas Sasak

Pada kenyataannya, para tetua adat Segenter juga tidak bisa mencegah arus modernisasi yang mulai merambah kampungnya. Disamping itu, para tetua adat Segenter juga tidak mampu mencegah warganya memiliki sofa, menikmati belasan saluran televisi, dan mudahnya komunikasi via handphone.

Karena persoalan ini tidak kunjung digubris, saat ini jumlah rumah tradisional Segenter yang berubah bentuk menjadi rumah modern lengkap dengan televisi dan aliran listrik bertambah. ‘’Sekarang sudah ada belasan rumah tradisional yang berubah menjadi rumah tembok,’’ kata Doyong, salah seorang warga Segenter beberapa waktu lalu. Ironisnya lagi, aparat pemerintah seolah menutup mata dan terkesan tidak mampu membendung punahnya komunitas rumah adat Segenter yang dulu pernah menjadi tujuan utama wisata di Lombok Utara ini. (Apink Alkaff)

 

 

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda