30 persen jalan desa di KLU sudah teraspal

Lombok Utara (Utarakita) – Dari seluruh jalan desa di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Nusa Tenggara Barat, baru 30 persen jalannya sudah tersentuh pembangunan. Sementara 80 persen jalan kabupaten sudah dalam kondisi bagus.

Kadis Pekerjaan Umum KLU Raden Nurjati menjelaskan, saat ini Dinas PU yang dipimpinnya mengelola anggaran sebesar Rp 97 miliar. Ia berharap, pada APBD perubahan 2015 ini, anggaran yang dikelola bisa meningkat menjadi sekitar Rp 115 miliar. ‘’Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas PU biasanya mengelola anggaran sebesar Rp 115 miliar,’’ ungkap Nurjati, belum lama ini.

Dari seluruh anggaran tersebut jelas mantan Kadis Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah KLU ini , bagian bina marga mengelola anggaran terbesar. Untuk saat ini sambungnya, pembangunan jalan, irigasi, drainase, dan air bersih masih menjadi prioritas. Selain itu, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya juga tengah dikembangkan untuk masyarakat di pelosok-pelosok Lombok Utara.

Untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini beber Nurjati, baru tersebar di Kecamatan Tanjung dan Kecamatan Bayan. ‘’Sejak 2012 lalu, Pemda Lombok Utara juga mengembangkan biogas yang tersebar di beberapa titik,’’ imbuh Nurjati.

Di tempat terpisah, terkait pembangunan jalan, Ketua Komisi 1 DPRD KLU Ardiantor yang didampingi anggotanya, Djekat mengatakan, untuk anggaran 2015 ini, DPRD KLU akan fokus menganggarkan penyelesaian pembebasan lahan tahap dua untuk pembukaan jalan lingkar. ‘’Kita membutuhkan anggaran sekitar Rp 29 miliar untuk pembebasan lahan jalan baru tersebut,’’ kata Djekat.

Setelah pembebasan lahan sambung Ardianto, DPRD KLU tinggal memikirkan langkah-langkah dengan pemerintah pusat untuk pembangunan badan jalan dan jembatan. ‘’Pemda KLU hanya berkewajiban membebaskan lahan saja. Soal pembangunan jalan dan jembatannya, itu akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat,’’ tambah Ardianto.

Ardianto berharap, proses pembebasan lahan tahap dua ini bisa segera dituntaskan. Sehingga jalan baru di sepanjang pantai Desa Jambi Anom Sampai Desa Genggelang ini bisa segera dimanfaatkan. ‘’Pembangunan jalan baru ini akan menjadi salah satu prestasi membanggakan Pemda KLU di kemudian hari,’’ tandasnya.(Apink Alkaff)

 

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda