Salah seorang atlet KLU 10 K yang pingsan di garis finish. (photo: Fahmi)

Belasan Atlet KLU 10K Pingsan

Penjabat Bupati KLU, Ashari SH, MH dan para juara KLU 10K 2015. (photo: Fahmi)

Penjabat Bupati KLU, Ashari SH, MH dan para juara KLU 10K 2015. (photo: Fahmi)

Lombok Utara (Utarakita) – Belasan atlet lomba lari Kabupaten Lombok Utara (KLU) 10 kilometer pingsan. Sebagian besar atlet lari yang pingsan ini didominasi kaum hawa. Dari 800 atlet, hanya 250 atlet yang mampu menyelesaikan lomba di Lapangan Umum Tanjung, Rabu (9/9). ‘’Ada dua atlet langsung dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Tanjung lantaran pingsan,’’ kata Arif, Koordinator Lapangan KLU 10K ini.

Empat atlet lain ungkap Arif, juga pingsan kemudian sadar kembali. ‘’Pokoknya belasan atlet sempoyongan dan sempat tak sadarkan diri karena dehidrasi”, ungkapnya.

Ketua Panitia KLU 10K H Rubain, Nasli, Arif, dan Atlet Andalan KLU Sudirman Hadi

Ketua Panitia KLU 10K H Rubain, Nasli, Arif, dan Atlet Andalan KLU Sudirman Hadi

Dijelaskan Arif, even kali kedua yang digelar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Lombok Utara ini diikuti sekitar 800 atlet dari seluruh Nusa Tenggara Barat (NTB). Gawe ini digelar untuk memeriahkan Hari Olah Raga Nasional (Haornas). ‘’Sejatinya even ini kami gelar 15 Agustus 2015 lalu, namun karena berbagai pertimbangan, akhirnya even ini baru bisa kami gelar hari ini sekaligus memeriahkan Haornas 2015” jelas H Rubain, ketua panitia even ini dalam laporannya.

Untuk juara umum kategori putra, diraih Yan Bahtiar, atlet dari Kota Bima. Sedangkan kategori putri umum diraih Dian Ekayanti. Piala pertama kategori putri KLU dibawa pulang Nisa Yulianti.

Salah satu atlet pingsan dan mendapat pertolongan dari Panitia.

Salah satu atlet pingsan dan mendapat pertolongan dari Panitia.

Even ini ini juga dihadiri sprinter (lari 100-200 meter) andalan KLU, Sudirman Hadi. Atlet yang sudah meraih banyak penghargaan tingkat nasional maupun internasional ini dihadirkan untuk menerima dana pembinaan Rp 10 juta.

Untuk memberikan motivasi kepada generasi muda Lombok Utara, Penjabat Bupati KLU menyerahkan dana pembinaan tersebut kepada atlet masa depan KLU ini. “Dengan kehadiran saya di sini, saya berharap bisa memacu semangat atlet-atlet Lombok Utara dan bisa mengharumkan kampung halamannya,’’ kata atlet kelahiran Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara ini.(Fahmi)

Editor: Apink Alkaff

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com