Gubernur NTB TGH Zainul Majdi dalam pendakian ke Gunung Rinjani beberapa waktu lalu.(photo: Apink Alkaff)

Asiik, Lombok Masuk Nominasi Wisata Halal Terbaik Dunia – UTARAKITA

Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB dari udara (photo: Apink Alkaff)

Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB dari udara (photo: Apink Alkaff)

”Pulau Lombok akan bersaing dengan tujuh destinasi wisata dunia”

NTB – Ini angin segar dari Abudabi, Uni Emirate Arab (UAE), untuk wisata Indonesia, khususnya wisata Lombok. Mulai 19 hingga 21 Oktober 2015, akan digelar sebuah even pariwisata halal seluruh dunia atau The World’s Halal Travel Summit di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UAE). Di ajang dunia bergengsi tersebut, Pulau Lombok menjadi satu-satunya destinasi wisata di Indonesia yang masuk nominasi untuk memperebutkan penghargaan World’s Halal Travel Award.

Seperti dikutip dari website resmi World’s Halal Travel Award, dari 14 kategori, Pulau Lombok berhasil masuk pada dua kategori nominasi yakni World’s best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination. Pada kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination atau Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia, Pulau Lombok akan bersaing dengan beberapa destinasi halal lain di dunia. Seperti, Abu Dhabi (UAE), Antalia (Turkey), Krabi (Thailand), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Danau Segara Anak, Rinjani, Lombok Utara, NTB. (photo: Apink Alkaff)

Danau Segara Anak, Rinjani, Lombok Utara, NTB. (photo: Apink Alkaff)

Sementara itu pada kategori World’s Best Halal Tourism Destination atau Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, pulau Lombok akan bersaing dengan tujuh destinasi wisata dunia lainnya. Yakni Abu Dhabi, Antalia (Turkey), Aman (Jordan), Doha (Qatar), Istanbul (Turkey), Marakech (Maroko),dan Kuala Lumpur (Malaysia).

“Panitia seleksi memliki kriteria dalam menentukan daerah/ destinasi wisata yang masuk nominasi. Dan itu berdasarkan voting yang dilakukan terhadap wisatawan muslim dunia yang telah melakukan kunjungan ke destinasi tersebut, termasuk kunjungan yang dilakukan oleh panitia The World’s Halal Travel Summit,” terang Uji Gaffar, Direktur Promosi, Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD) NTB, Senin (14/9/2015).

Menurut Uji, masuknya pulau Lombok di dua kategori tersebut dilihat dari survey kepuasan para wisatawan muslim yang datang ke Pulau Lombok. Mereka mengaku senang berada di Lombok karena setiap perhotelan atau tempat penginapan selalu menyediakan fasilitas ibadah seperti arah kiblat di setiap kamar dan ketersediaan sajadah. Tak hanya hotel berbasis halal, namun juga dari sisi makanan yang yang disajikan selalu berlabel halal. Survey juga dilihat dari sisi sumber daya manusia (SDM) serta budaya dan adat istiadat masyarakat Lombok yang islami, apalagi pulau Lombok dikenal dengan Pulau Seribu Masjid.

Ritual maulid adat di Dusun Karang Bajo, Bayan, Lombok Utara, NTB. (photo: Apink Alkaff)

Ritual maulid adat di Dusun Karang Bajo, Bayan, Lombok Utara, NTB. (photo: Apink Alkaff)

Terpilihnya Lombok sebagai satu-satunya dari 13 destinasi wisata halal di Indonesia masuk nominasi tersebut kata Uji, merupakan hal yang luar biasa. Juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pulau Lombok karena telah berhasil memperkenalkan dan menjual destinasinya di mata dunia.

“Ini merupakan kesempatan strategis. Dengan ini (masuk nominasi) dunia sudah melihat bahwa pulau Lombok telah berhasil menjual destinasi wisata halalnya,” terang dia. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat Lombok lebih meningkatkan pelayanan yang berbasis halal kepada setiap wisatwan yang datang berkunjung ke pulau Lombok.”Kita bangga karena Lombok masuk nominasi dan bersaing dengan beberapa negara di Dunia. Untuk itu mari kita lebih tingkatkan pelayan kepada para wisatawan,” tandasnya.(*)

Sumber Liputan6.com

 

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda