Penyerahan piala kepada juara Lomba Masakan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan NTB di Ampenan belum lama ini. (photo: dok SMKN 1 Lingsar)

Piala Festival Masakan Serba Ikan SMKN 1 Lingsar Dicabut Panitia – UTARAKITA

”Panitia lomba mengakui ada kesalahan”

Mataram – Utusan SMKN 1 Lingsar, Siti Silfia meraih juara pertama dalam Lomba Masakan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan NTB di Ampenan, Senin (15/9) lalu. Anehnya, tanpa alasan yang jelas, sesaat setelah pengumuman pemenang, panitia lomba masak tersebut tiba-tiba piala juara pertama itu dicabut dari tangan Siti Silfia.

Siti Silfia peraih juara pertama Lomba Masakan Serba Ikan yang pialanya diambil panitia. (photo:dok SMKN 1 Lingsar)

Siti Silfia peraih juara pertama Lomba Masakan Serba Ikan yang pialanya diambil panitia. (photo:dok SMKN 1 Lingsar)

Menurut guru pendamping SMKN 1 Lingsar, Lelya Septiriana, kegitan rutin ini diikuti para peserta didik tingkat SMK dan SMA seluruh NTB. Awalnya, semua kegitan berjalan normal dan meriah. SMKN 1 Lingsar keluar sebagai pemenang pertama.

Belakangan kata Septiriana, setelah pemberian mendali dan piagam oleh Wakil Gubernur NTB, H Muhamad Amin, salah seorang panitia lansung mengambil mendali dan piagam tersebut. ‘’Pengambilan kembali piala ini dilakukan panitia tanpa diketahui banyak orang, termasuk tamu undangan yang hadir dalam acara itu,’’ kata Septiriana.

Kepada pemenang lomba, panitia mengakui ada kesalahan. Namun kata Septiriana, kesalahan panitia tersebut tidak disampaikan langsung di acara tersebut. Pihak panitia juga tidak meralat pengumuman para juara dalam kegiatan rutin tahunan tersebut.

Utusan SMKN 1 Lingsar dalam Festival Masakan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan NTB. (photo:dok. SMKN 1 Lingsar)

Utusan SMKN 1 Lingsar dalam Festival Masakan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan NTB. (photo:dok. SMKN 1 Lingsar)

Septiriana mengaku sempat melayangkan protes kepada panitia. Namun, hal itu sia-sia dan mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan.

Keesokan (16/9) harinya kata guru pembimbing ini, Kepala SMKN 1 Lingsar juga menanyakan pengambilan piala oleh panitia lomba kepada pihak Dinas Perikanan Lombok Barat. ‘’Hari itu dua orang utusan pihak Dinas Perikanan Lombok Barat datang ke SMKN 1 Lingsar,’’ ujarnya.

Untuk membahas kejadian ini, pihak SMKN 1 Lingsar dan utusan dinas tersebut menggelar rapat tertutup. Hanya saja, hingga saat ini belum ada kejelasan tentang pengambilan piala oleh panitia lomba masak tersebut. (Opick)

Editor: Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About Opick Mataram Web

Opick Mataram Web
Owner Mataramweb.com sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan website di daerah Mataram Lombok, lulusan amikom mataram 2012. saat ini dipercaya sebagai web master utarakita.com sekaligus sebagai kontributor.