Jika kedua megaproyek ini terwujud, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, akan menjadi salah satu daerah strategis. (photo: Apink Alkaff)

Global Hub Dilirik Eropa, Rusia-Cina Tertarik Kilang Minyak – UTARAKITA

LOMBOK UTARA – Megaproyek Bandar Kayangan (Global Hub), Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dilirik investor Eropa. Sedangkan investor Rusia-Cina tertarik menggarap megaproyek kilang minyak. Hal ini diungkapkan Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) nonaktif H Djohan Sjamsu kepada Utarakita.com belum lama ini.

H Djohan Sjamsu, salah satu tokoh utama di balik rencana pembangunan Global Hub dan kilang minyak.

H Djohan Sjamsu, salah satu tokoh utama di balik rencana pembangunan Global Hub dan kilang minyak.

Sayangnya, Djohan tidak memastikan negara benua Eropa mana yang tertarik menanamkan modalnya di Lombok Utara. Kendati demikian, besar peluang investor Belanda yang akan masuk menanamkan modalnya di proyek Global Hub ini. Pasalnya, Kedutaan Belanda-lah yang paling intensif hadir dalam beberapa kali pertemuan terkait rencana pembangunan Bandar Kayangan.

Selain itu, Negeri Kincir Angin juga dikenal ahli dalam pembangunan megaproyek jenis ini. ‘’Nantinya, lokasi megaproyek Global Hub dan kilang minyak akan berdampingan,’’ kata Djohan.

Sejauh ini jelasnya Djohan, ada delapan kementerian cukup intens menyukseskan kedua megaproyek ini. ‘’Untuk megaproyek kilang minyak sudah masuk tahap perencanaan. Pemerintah juga sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan investor Rusia-Cina,’’ terang Djohan yang juga sangat berharap proyek ini segera terwujud.

Selain investor Rusia-Cina sambung Djohan, investor Arab juga memberikan respon yang cukup bagus. Mereka juga sudah menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Lombok Utara.

Kembali Djohan menegaskan, nantinya kedua megaproyek ini akan mampu menyerap sekitar 300 ribu tenaga kerja. Tentu sebut Djohan, sekitar 70 persen tenaga kerjanya akan berasal dari Lombok Utara.

Untuk itu, Djohan sangat berharap, warga Lombok Utara tetap menjaga keamanan menjelang Pilkada Desember 2015 mendatang. Betapa tidak kata dia, keamanan daerah akan sangat menentukan terwujudnya cita-cita besar ini.

‘’Daerah kita ini harus maju. Tidak salah jika anda mengatakan Lombok Utara adalah masa depan Nusa Tenggara Barat,’’ ungkap Djohan penuh semangat. (Apink Alkaff)

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com