Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB, salah satu daerah wisata yang banyak menampung pekerja asing. (photo: Apink Alkaff)

2015, Pajak Tenaga Asing di NTB Rp 1,1 Milyar – UTARAKITA

MATARAM – Hingga September 2015, realiasasi pajak penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA) di NTB Rp 1,1 Milyar. Jumlah ini melampaui target tahunan yang ditetapkan 2015 yang hanya berkisar Rp 700 juta per tahun.
Pajak penempatan TKA itu dibayar oleh sedikitnya 69 perusahaan yang mempekerjakan TKA di wilayah NTB. “Ini meningkat dibandingkan 2014 lalu. Pada 2014 target kita Rp 500 juta dan realisasi Rp1 Milyar,” kata Kepala Bidang Penempatan dan Pengawasan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, H Zaenal belum lama ini.

Zaenal menjelaskan, retribusi pajak TKA itu diatur dalam Peraturan Menteri Tenaka Kerja (Permenaker) No 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penempatan TKA di Indonesia, dan juga Perda No: 10/2013 tentang Retribusi Penempatan TKA di NTB. ‘’ Berdasarkan data Disnakertrans NTB, hingga saat ini tercatat sekitar 93 TKA bekerja di NTB,’’ terangnya.
Dalam aturan, seorang TKA harus membayar pajak sebesar 100 US Dolar per bulan jika bekerja di wilayah Indonesia, termasuk di NTB. “Tapi untuk Newmont (PT NNT) pajak TKA-nya dibayarkan langsung di
pusat, karena pengurusan IMTA di sana. Begitu juga dengan perusahaan
yang sifatnya lintas provinsi, dibayarnya di pusat,” kata Zaenal. (ugra)

Edit: Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda