Penjabat Bupati KLU H Ashari saat mengawali panen raya varietas baru melon-labu, Golden Mama di lahan Karang Taruna Semangat Baru, Bayan. (photo: yoyok)

Panen Raya, Golden Mama Siap Dipasarkan– UTARAKITA

Lombok Utara – Karang Taruna Semangat Muda Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) gelar panen raya golden mama, Rabu pagi (18/11). Gawe yang digelar sebagai perkenalan hasil budidaya varietas baru ini dihadiri tak kurang dari 50 undangan. Kini, karya para pemuda Desa Anyar ini siap dipasarkan.

Golden Mama dan aneka panganan olahannya. (photo: yoyok)

Golden Mama dan aneka panganan olahannya. (photo: yoyok)

Selain dihadiri para pejabat terkait, panen raya buah hasil budidaya persilangan Melon dan Labu ini juga dihadiri Penjabat Bupati KLU H Azhari SH MH. ‘’Harapan kami tidak muluk-muluk, hanya sekedar diperhatikan saja kami sudah sangat bersyukur,’’ jelas Ketua Panitia, Mayas Mahardika disela-sela acara panen raya.
Mayas berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja. Semoga kata Mayas, ini bisa menjadi langkah awal kreatifitas pemuda KLU yang patut mendapatkan dukungan masyarakat dan para pemangku kebijakan.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Semangat Muda, Raden Kerta Bayun menegaskan, kreativitas ini sudah berlangsung lebih dari satu tahun yang lalu. ‘’Saya berprinsip, dari pertanian dulu kami mengawali kreativitas pemuda. Nanti pada akhirnya, bidang-bidang yang lainnya juga akan tersentuh,’’ jelas Kerta dalam laporan singkatnya.

Ketua Karang Taruna semangat Baru, Desa Anyar, Bayan, Raden Kerta Bayun.

Ketua Karang Taruna semangat Baru, Desa Anyar, Bayan, Raden Kerta Bayun.

Ditambahkan Kerta, Karang Taruna Semangat Muda bukan hanya sekedar nama saja, namun akan tetap menghasilkan sesuatu yang lebih baik. ‘’Terima kasih saya sampaikan kepada kawan-kawan Karang Taruna Semangat Muda, karena terus menghasilkan sesuatu yang lebih baik,’’ jelas pria lulusan Institut Pertanian Bogor ini.
Dalam kesempatan ini, Penjabat Bupati KLU juga sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna Semangat Muda Bayan ini. Menurutnya, kemajuan suatu desa itu ada pada anak-anak muda yang berkreasi, lebih-lebih tempat berkreasinya itu ada.
Azhari juga berjanji akan memberikan dukungan seoptimal mungkin kepada pemuda-pemuda yang mempunyai kreativitas. ‘’Insya Allah, kami dari pemerintah daerah akan memberikan dukungan semaksimal mungkin, silahkan bawa proposalnya ke pemerintah kabupaten, apa saja kegiatannya, Insya Allah sesuai kemampuan kami akan membantu. Ini janji pemerintah daerah,’’ tegas Azhari.

Aneka olahan golden mama.

Aneka olahan golden mama.

Tak hanya memberikan dukungan serta meninjau langsung areal pengembangan varietas Golden Mama, Azhari beserta rombongan juga berkesempatan mencicipi beragam olahan hasil budi daya melon-labu ini.
Seperti dilansir www.utarakita.com edisi Oktober, 27, 2015, bahwa tak hanya bentuk dan warnanya yang unik, buah yang sejatinya sebagai bahan dasar bubur ini juga sangat nikmat disajikan dengan cara dikukus. Rasanya yang tak jauh beda dengan ubi jalar dengan tekstur yang lembut, lebih komplit rasanya jika disantap dalam keadaan hangat beserta kulitnya. Bahkan bisa diolah menjadi dodol Golden Mama. (Supaq Fahmi)

Editor : Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com