Gawe Beleq IPMLU Yogyakarta.

IPMLU Yogyakarta Gelar Gawe Beleq – UTARAKITA

Yogyakarta – Ikatan Pelajar Mahasiswa Lombok Utara (IPMLU) Yogyakarta akan menggelar Gawe Beleq (gawe besar) Lombok Utara di Monumen 1 Maret Yogyakarta, 21 November 2015. Tujuannya, menjaga eksistensi dan mempertahankan kebudayaan Lombok.

Diskusi persiapan Gawe Beleq IPMLU Yogyakarta.

Diskusi persiapan Gawe Beleq IPMLU Yogyakarta.

Gawe yang mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) ini mengusung tema Rahayu Melbao. Nantinya, dalam pentas ini, IPMLU akan menggelar pentas budaya Cupak Gurantang, Gendang Beleq,  Suling Dewa, Peresean, Teater Putri Cilinaya, aneka tarian khas Lombok Utara, sampai parade budaya Lombok Utara.

Gawe adat ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran generasi muda, khususnya generasi muda Lombok Utara untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan Lombok. Melalui acara ini, IPMLU Yogyakarta berusaha mengajak segenap masyarakat Lombok yang ada di Yogyakarta untuk berpartisipasi melestarikan budayanya.

Menurut panitia penyelenggara, gawe besar ini secara khusus bertujuan memperkenalkan kebudayaan Lombok Utara kepada masyarakat Yogyakarta. ‘’Mari polong-renten (saudara-saudara-red), kita tunjukkan kepedulian dan kecintaan kita terhadap budaya yang kita miliki dengan ikut serta memeriahkan acara Gawe Beleq Lombok Utara,’’ kata Pin Kharisma Audina salah satu panitia gelaran budaya ini kepada utarakita.com
Ditempat berbeda, Heru Kusuma Bakti, Ketua Panitia Gawe Beleq Lombok Utara ini berharap, dengan adanya gawe ini Lombok Utara bisa lebih dikenal khalayak dengan keberagaman budaya serta keseniannya dan menjadi tujuan destinasi wisata budaya. ‘’Keberagaman budaya yang kita miliki menjadikan Indonesia sebagai negara yang segani serta dihormati oleh negara lain,’’ kata Heru.(Dina/Supaq)

Editor: Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About Supaq

Supaq
Lahir di Surabaya bulan April, namun sejak tahun 2002 hijrah ke Lombok dan sekarang tinggal di Lombok Utara.