Goa baru yang di temuakan warga saat gali sumur. Lokasinya sekitar 200 meter tenggara obyek wisata Goa Pindul Bejiharjo Karang Mojo, Gunung Kidul, Jogja. (dok: Tri AW Jogja)

Goa Baru Dekat Goa Pindul Ditemukan Warga Saat Gali Sumur

Goa baru dekat Goa Pindul ditemukan warga saat menggali sumur. Seperti Goa Pindul, goa baru yang memiliki aliran air ini juga sangat indah dan menakjubkan.

Goa yang diperkirakan berhubungan dengan lorong-lorong Goa Pindul ini berada sekitar 200 meter di tenggara obyek wisata Goa Pindul Beji Harjo, Karang Mojo, Gunung Kidul, Jogjakarta.

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul sendiri merupakan goa yang panjangnya sekitar 350 meter, lebar hingga lima meter. Jarak dari permukaan air dengan atap gua sekitar empat meter, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki tiga zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.

Karena aliran air di Gua Pindul ini cukup tenang maka di goa ini pengunjung bisa cavetubing. Konon cavetubing di Gua Pindul ini bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil sekalipun.

Ditengah Gua, terdapat lorong yang cukup besar dengan lubang diatasnya. Warga setempat menyebutnya sumur terbalik. Sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah.

Soko Guru Goa Pindul

Soko Guru Goa Pindul

Jika melakukan susur gua di Gua Pindul ini, pengunjung akan menemukan stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti pilar kokoh dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru)

Stalagtit ini merupakan yang terbesar di Goa Pindul dan tercatat peringkat empat di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik dan awet muda. Bagi yang lelaki konon bisa menambah vitalitas jika menyentuh stalagtit jantannya.

Bagi adik-adik di zona terang bisa berenang, lompat indah sambil lihat ikan cukup besar yg memamerkan keindahan tubuhnya. Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu menjadi yang terbesar keempat di dunia. Butuh lima orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Keindahan semakin lengkap dengan ornamen di sepanjang dinding goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air dinding Goa. (*)

Apink Alkaff/Sumber: Tri AW Jogja (facebook) dan Goa Pindul

 

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda