Danau Segara Anak Rinjani. (photo: Apink Alkaff)

Hancurkan Saja Celengan Itu! Jangan Menabung Terus! Rinjani Sudah Dibuka

Lombok – Sepertinya, sudah saatnya kawan-kawan pecinta treveling dan olah raga alam bebas berpikir tentang naik gunung. Hancurkan saja celengan itu! Jangan menabung trus! Pendakian Rinjani sudah dibuka.

Setelah terlarang untuk didaki selama dua bulan 20 hari, kini para porter dan pelaku bisnis wisata trekking boleh bernafas lega. Para pemandu trekking juga tidak perlu mengendap-endap untuk membawa tamunya mendekati Gunung Baru Jari.

Peson Rinjani dari Lembah Rinjani Sembalun, Lombok Timur.

Peson Rinjani dari Lembah Rinjani Sembalun, Lombok Timur.

Kini, perjalanan mencumbui kecantikan Dewi Anjani resmi dibuka. Yang tadinya berstatus wasapada level dua kini sudah diturunkan menjadi normal. Artinya, para pendaki boleh muncak atau berendam dihangatnya Aik Kalak Danau Segara Anak. Bahkan, pendaki sudah bisa mendekati relif-relif lahar yang telah membatu di sekitar dinding batu jajar, tepi timur Danau Segara Anak.

Bisa dipastikan, saat ini adalah salah satu momen terbaik melakukan pendakian Rinjani. Betapa tidak, setelah Dewi Anjani ‘berbenah diri’’ selama hampir tiga bulan penuh, tentu wajah dan penampilannya bakal berubah.

Danau Segara Anak kian meluap. Kawasan dinding Batu Jajar yang berlatar aktivitas vulkanik Gunung Baru Jari akan menjadi pemandangan unik dan menantang.

Rumput-rumput yang terjebak luapan Danau Segara Anak Rinjani.

Rumput-rumput yang terjebak luapan Danau Segara Anak Rinjani.

Tidak saja kawasan sekitar Gunung Baru Jari yang akan tampak beda, tetapi seluruh kawasan Rinjani pun akan menampilkan pesona baru menyambut musim pendakian 2016 ini. ‘’Berdasarkan hasil data analisa visual dan instrumental, serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya, maka mulai 19 Januari 2016 pukul 17.00 WITA, tingkat aktivitas Gunung Rinjani diturunkan dari level II (waspada) menjadi level I (normal),’’ kata surat keputusan yang dikeluarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Badan Geologi seperti yang diposting Budi Soesmardi, petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, (21/1).

Budi menegasan, sejak hari ini Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sudah mengeluarkan izin pendakian Rinjani secara total. ‘’Info terbaru dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Ir Agus Budiono menyebutkan, mulai hari ini (21/1) pendaki bisa bermalam di Danau Segara Anak atau muncak,’’ ungkap Budi kepada Utarakita.com.

Hanya saja, cuaca menikmati indahnya Rinjani di awal Januari sampai Maret 2016 mendatang cukup ekstrim. Curah hujan di di bulan-bulan ini juga tergolong cukup intens. Kendati demikian, bisa dipastikan juga, Rinjani tetap menjadi salah satu pilihan berlibur yang tepat di awal 2016 ini. (*)

Apink Alkaff

 

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com