MTB Jelajah Rimba 2016

Ada Tantangan dari Lombok Sob, MTB Jelajah Rimba Sambut Hari Bakti Rimbawan

MATARAM- Ada tantangan dari Lombok buat penggila olahraga alam bebas, khususnya penggemar sepeda gunung. Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bermitra dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) akan mengadakan wisata sepeda “MTB Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016” dengan rute dari Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa, Sesaot ke Desa Batu Mekar,Lombok Barat,  NTB, 19 Maret mendatang.

Kepala Dinas Kehutanan NTB Andi Pramaria (kiri) bersama Manager Sosial Responsibility PTNNT, Kasan Mulyono (kanan) saat mengikuti pemaparan rencana event Mountain Bike (MTB) Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016 di Mataram, NTB, Kamis (18/2).

Kepala Dinas Kehutanan NTB Andi Pramaria (kiri) bersama Manager Sosial Responsibility PTNNT, Kasan Mulyono (kanan) saat mengikuti pemaparan rencana event Mountain Bike (MTB) Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016 di Mataram, NTB, Kamis (18/2).

Nantinya, kegiatan akan diikuti 200 peserta dari berbagai komunitas sepeda di NTB, Jakarta dan Bali. Rencananya, gawe bareng ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti Rimbawan, 16 Maret 2016. Tema menyatu dengan alam diusung sebagai gerakan peduli lingkungan dan hutan serta mempromosikan lokasi wisata sepeda di NTB.

“Kegiatan wisata sepeda merupakan rangkaian acara memperingati Hari Bakti Rimbawan pada 16 Maret mendatang,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Andi Pramaria di ruang kerjanya, Jumat (19/2).

Menurutnya, kegiatan “MTB Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016” dengan tema menyatu dengan alam ini bertujuan ingin memperkenalkan dan mempromosikan kepada komunitas sepeda tentang lokasi-lokasi wisata sepeda gunung di Provinsi NTB. Acara ini juga sekaligus untuk mengkampanyekan kepedulian akan perlindungan lingkungan dan hutan.

“Nanti para peserta akan menyumbang bibit tanaman dan akan diadakan penanaman pohon di sekitar kawasan Tahura Nuraksa. Kelestarian lingkungan dan hutan sangat penting bagi kelangsungan pembangunan berkelanjutan di NTB dan menjadi salah satu daya tarik untuk industri pariwisata,” jelas Andi.

MTB Jelajah Rimba ini akan memakan waktu selama 3 – 4 jam dengan jarak tempuh sepanjang 30 kilometer melewati jalur tunggal dengan tanjakan dan turunan yang menantang melalui kawasan hutan.

“Kami akan mengundang para penghobi sepeda gunung termasuk Bapak Gubernur NTB dan para pejabat di lingkup Pemprov NTB, Polda NTB, TNI, dan komunitas sepeda gunung yang ada di NTB,” tambah Andi.

Selain berwisata sepeda gunung, para peserta juga akan mengikuti lomba foto bersepeda gunung dan akan dipublikasikan di media sosial untuk menyemarakkan promosi wisata NTB yang mengusung tema Pesona Lombok Sumbawa.(*)

Editor: Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda