Nirvana Resor Gili Sudak, Lombok Barat, NTB. (photo: Sigit SL)

Nirvana yang Bergeser ke Gili Sudak

LOMBOK BARAT – Gili Sudak, satu diantara puluhan pulau eksotik di Lombok. Tepatnya, diantara empat pulau kecil di kawasan wisata pantai Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pulau kecil berpasir putih dengan keindahan yang tidak kalah dengan tiga gili di Kabupaten Lombok Utara, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Suasana sepi dan masih alami ditawarkan pulau ini. Pas dan sangat cocok bagi pasangan pengantin yang berberbulan madu, atau rombongan keluarga yang tidak menginginkan suasana ramai dan bising.

Nirwana Resor di Gili Sudak, Lombok Barat.

Nirvana Resor di Gili Sudak, Lombok Barat.

Liburan­ pun menjadi semakin lengkap di Gili Sudak dengan kehadiran Resor Nirvana. Penginapan sekelas hotel bintang tiga berbentuk bungalow khas bangunan Sasak Lombok. Dulunya, hotel Nirwana ini terapung di tengah laut tidak jauh dari Gili Sudak.

Hotel ini sempat menjadi salah satu ikon pariwisata di Lombok, wabil khusus di Lombok Barat. Karena selain unik, hotel di tengah laut ini menyuguhkan sensasi tidur bergoyang di rumah air Nirwana kala itu.

Sekarang, kamar-kamar hotel Nirvana itu diseret ke kawasan pantai Gili Sudak. Sebagian besar bangunannya masih seperti dulu yang terdiri dari bahan kayu beratapkan ilalang.

Karena hotel ini sudah mendarat, jumlah kamarnya pun bertambah. Yang dulu hanya dua, kini menjadi enam kamar. Empat kamar jenis standard dan dua deluxe.

Sekitar dua tahun lalu, NIrwana ini masih berada di tengah laut.

Sekitar dua tahun lalu, Nirvana ini masih berada di tengah laut.

Seluruh kamar dibangun di tepi pantai dan menghadap ke laut. Sehingga, para tamu menginap tinggal melangkah sedikit saja sudah ada di pinggiran pantai yang berpasir putih.

Atmosper khas pantai tropis yang bergelimang cahaya dan pasir putih mewarnai sekitar pulau yang luasnya sekitar 30 hektar ini. Pemandangan bawah laut yang masih sangat alami juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Untuk menuju Gili Sudak, dapat dicapai sekitar 15 menit perjalanan dengan perahu melalui Pelabuhan Batu Kijuk atau Pelabuhan Tawun di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Biaya carter perahu penyeberangan sebesar Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu dengan penumpang maksimal enam orang.(*)

Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com