Putri Putri NTB

Lima Alasan Lombok Disebut The Queen of Pearls Island

Lombok, The Pinctada Maxima

Lima alasan kenapa Lombok pantas disebut The Queen of Pearls Island (Pulau Mutiara Ratu).

  1. Taman Dunia, Rnjani

    Taman Dunia, Rnjani

    Lombok tidak saja dikenal karena masjid yang banyak. Tetapi, Lombok juga menyimpan pesona dan kecantikan alam Rinjani sampai kaki-kaki pantai. Taman Rinjani yang tidak akan pernah habis di eksplore sampai 100 tahun kedepan. Dari tempat yang tinggi, puncak Rinjani dengan kecantikan 3.726 meter diatas permukaan laut adalah titik tertinggi dan terunik di Indonesia, bahkan di dunia. Legenda yang hidup dan tumbuh di setiap nafas masyarakat Lombok tentang Rinjani serupa kecantikan Sang Dewi Anjani. Adalah Sang Ratu yang menguasai alam lain dalam legenda itu sendiri. Ketinggian dan keindahan singgasana The Queen hanya bisa dinikmati dengan melakukan pendakian.

Putri Mandalika 2015

Putri Mandalika 2015

2. Jika anda belum merasa yakin mampu menikmati kecantikan The Queen dari ketinggian, anda bisa menikmati keindahan pantainya dan lautnya.

Pantai Putri Mandalika, demikian masyarakat Lombok Tengah bagian selatan menamainya. Legenda kecantikan Ratu Pantai Selatan Lombok ini serupa kecantikan Dewi Anjani yang legendanya ‘’menjelma’’ Putri Mandalika.

Dan saat ini , 28 February 2016 Ratu Penguasa Pantai Selatan menggelar pesta rutin pantai bertajuk Festival Bau Nyale. Even rutin tahunan, pemilihan Putri Mandalika Lombok Tengah selalu digelar. Sejenis pemilihan putri kecantikan tingkat daerah ala nusantara tercinta.

Gili Gili

Gili Gili

3. Kalau pun tidak sempat datang menikmati kecantikan Putri Mandalika dalam ritual Bau Nyale, di Lombok Tengah, anda bisa datang ke Lombok Utara. Kabupaten termuda dan terkecil di Nusa Tenggara Barat ini juga menyimpan pesona kecantikan Ratu Utara yang lain.

Putri Cilinaya, demikian masyarakat adat Dayan Gunung menyebutnya. Seperti halnya Putri Mandalika, keindahan Ratu Pantai Utara ini juga melekat dengan legenda romantisme Putri Cilinaya. Cili bermakna kecil, dan Naya berarti cantik. Putri yang kecil dan cantik. Kecantikan putri kecil dan cantik ini bisa anda nikmati mulai Dusun Klui, Lendang Luar, Malimbu, Malaka, Nipah, Telok Borok, Mentigi, Stangi, Telok Telok Kodek, Telok Nara, hingga Pemenang.

Dari simpang empat Pemenang , anda tinggal putih, mau melihat putri-putri dunia berjemur di putihnya pasir, atau menyelam mencari penyu bersama bule berbikini di sela karang yang biru. Atau, meneruskan perjalanan lagi menikmati pesona keindahan Putri Cilinaya. Meneruskan perjalanan menikmati puluhan, bahkan mungkin ratusan air terjun yang konon merupakan pemandian-pemandian para putri. Seperti Putri Mandalika yang jelmaan Dewi Anjani dalam bentuk lain, Putri Cilinaya pun adalah sebutan lain Dewi Anjani.

Pinctada Maxima Pearls khas Lombok

Pinctada Maxima Pearls khas Lombok

4. Andai anda belum sempat datang ke Lombok dan membuktikan sendiri kebenaran legenda kecantikan Sang Ratu, anda bisa membeli perhiasan mutiara-mutiara Sang Dewi khas Lombok. Ada tiga jenis dan karakter khas mutiara Lombok. Karakter dan kecantikan yang dilihat dari warna mutiara laut. Yaitu bronze, metal, dan emerald. Ketiga jenis mutiara inilah yang menjadi salah satu komoditi andalan Pulau Lombok. Maklum, kecantikan jenis mutiara yang ini hanya ada di perairan Pulau Sang Ratu. Tak berlebih jika jenis mutiara asal Pulau Lombok disebut The Queen of Pearls.

Showrom-showroom  yang menjajakan kecantikan The Queen of Perls Lombok ini bisa anda peroleh di seputaran Kota Mataram. Dengan catatan; Carilah pedagang mutiara yang terpercaya.

Perhiasan Ratu

Perhiasan Ratu

Tentu, ini jenis mutiara terbaik kualitasnya di dunia. Mutiara Lombok juga tercatat sebagai satu dari tiga jenis mutiara bernilai komersil tinggi di dunia. Yakni, Pinctada maxima (black-lip pearl oyster) yang habitat asli di perairan Indonesia, Akoya pearl oyster (kerang mutiara akoya) habitat asli di perairan Jepang dan Pteria penguin (kerang mutiara Tahiti) yang habitat asli Perairan Benua Amerika.

Dunia pun mengakui, dari ketiga jenis mutiara tersebut, yang terbaik kualitas warna dan bentuknya adalah mutiara jenis Mutiara Sang Ratu berjenis Pinctada Maxima khas Lombok ini.

Hebatnya sob, kecantikan Sang Ratu yang berbalut jutaan Mutiara Pinctada Maxima ini sekarang tengah mendapat perhatian dunia. Belum lama ini, Sang Ratu diberikan predikat tujuan wisata halal dunia.

Welcome to Lombok; The Queen of Perls Island

Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com