Eclipse fo Everyone (design grafis: D Pramoehadi)

Gerhana untuk Semua

Sesungguhnya, matahari dan bulan adalah sebagian kecil dari tanda-tanda keagungan Allah SWT. Merubah malam menjadi siang. Menghidupkan yang mati dan mematikan yang hidup juga merupakan sebagian kecil dari kuasa Sang Khalik.

Eclipse for Everyone (design grafis: D Pramoehadi)

Eclipse for Everyone (design grafis: D Pramoehadi)

Kini, para ilmuan mulai paham. Bahwa malam dan siang merupakan proses tumpang tindih yang sangat kompleks. Mereka, para ilmuan pun menggunakan segala kemampuan dan tekhnologi untuk membuktikan proses alami nan menakjubkan itu.
Dan mereka pun memahami satu tabir dari milaran tabir misteri semesta raya. Bahwa malam masuk memudarkan siang. dan siang masuk ke dalam malam. Proses keteraturan semesta ini berlangsung jutaan tahun. Tetap terjadi selama 24 jam tanpa henti.

Hal ini digambarkan Al-Quran dalam firman Allah SWT yang artinya: Yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah SWT (kuasa) memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam (QS. Al-Hajj: 61).
Pertanyaannya adalah: Siapa yang tahu sejak 14 abad yang lalu, bahwa siang dan malam datang silih berganti secara teratur dan terus-menerus. Bahwa ini merupakan proses alami dan tanda-tanda kekuasaan Allah yang perlu direnungkan?

Kini, Allah SWT kembali menunjukkan secuil kuasanya dalam rotasi perjalanan sang waktu. Bahwa, Allah SWT adalah pemilik dan penguasa semesta. Bahwa Allah SWT adalah zat penguasa yang agung.

Lantas kenapa kita harus sholat sunnah ketika Allah SWT menujukkan Illahnya dalam bentuk gerhana matahari (eclipse)? Mungkin pertanyaan itu kembali mencuat kepermukaan pikiran dan menyulut akal sehat untuk berpikir.

12790219_1334627209896624_1641044384_oSebenarnya, tidak ada keharusan karena menunaikan sholat gerhana karena itu hukumnya sunnah. Siapa yg tidak mengerjakan, ya tidak apa-apa. Tapi kalau dikerjakan, Allah SWT akan berikan ganjaran setimpal.
Pada dasarnya semua ibadah dalam Islam adalah perwujudan rasa syukur akan nikmat yang kita dapat hidup. Inilah fungsi utama ibadah. Inilah alasan pasti melaksanakan ibadah sunnah sholat gerhana.

Di balik fenomena dan keagungan ciptaannya, Allah SWT selalu menyisakan misteri dan makna tersembunyi di balik itu semua. Allah SWT kemudian mengisyaratkan kita untuk melakukan satu ibadah sunnah gerhana. Sesungguhnya, dibalik fadilah ibadah sunnah itu adalah rahasia Allah SWT.
Asal memenuhi kriteria ikhlas , ridha, dan ittiba’ (mengikuti sunnah), insya-Allah sholat gerhana akan memberikan dampak menakjubkan dan jauh lebih indah. Jauh lebih syahdu untuk hati  yang pandai bersyukur, ketimbang melihatnya hanya dengan kaca mata hitam seharga Rp 35 ribu.

Sholat sunnah gerhana matahari merupakan cara alami seorang hamba dalam mensyukuri perjalanan waktu. Sholat gerhana merupakan cara paling dahsyat dalam ikhtiar seorang hamba menyikap satu tabir rahasia Ilahi.

Allah SWT tidak mendapatkan manfaat sedikit pun dari ibadah hambanya. Kembali kita dituntut berpikir sebagai seorang hamba. Untuk berjuang meraih ridho, dan berserah diri di jalan-Nya.

Selamat Menikmati Indahnya menunaikan Sholat Gerhana Matahari. ”Eclipse for Everyone”.

Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com