Tari khas Sumbawa dalam peluncuran Festival Tambora 2016. (photo; Apink Alkaff)

Diaspora Nuansa Budaya Festival Pesona Tambora

Mataram – Festival Pesona Tambora (FPT) 2016 kental dengan nuansa budaya. Selain banyak melibatkan masyarakat, penyebaran (diaspora) kegiatan juga cukup merata di Pulau Sumbawa.

Purwacaraka Big Band dalam lounching Festival Pesona Tambora 2016.

Purwacaraka Big Band dalam lounching Festival Pesona Tambora 2016.

Sedikitnya 18 even digelar di Pulau Sumbawa dalam festival rutin tahunan ini. Mulai dari Festival Kopi Tambora, pagelaran seni budaya, seminar dan pengembangan ilmu pengetahun, sampai olahraga dan petualangan alam bebas.

‘’Nanti malam (Sabtu malam 9/4) akan dilaksanakan upacara pembukaan Festival Pesona Tambora 2016 di halaman kantor Gubernur NTB,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB HL Muh. Faozal dalam jumpa pers di Rumah Langko, Mataram, Sabtu siang (9/4).

Opening ceremony ini jelas Faozal, menghadirkan grup musik Purwacaraka dan bintang tamu Emilia Contesa (anggota DPD RI). Yang tidak kalah menarikanya, atraksi seni pembukaan FPT 2016 ini akan dimeriahkan Andre Hehanusa yang akan me-louching theme song Pesona Tambora.

Undangan VIP dalam lounching Festival Pesona Tambora 2016.

Undangan VIP dalam lounching Festival Pesona Tambora 2016.

Pada hari yang sama (9/4) rangkaian FPT 2016 digelar pentas seni tradisional budaya Mbojo di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. Selain itu, ada juga Napak Tilas Pesona Situs Tambora yang diikuti siswa SMA se-kabupaten Bima dan Kota Bima.

Intinya sambung Faozal, FPT 2016 yang merupakan kelanjutan Tambora Menyapa Dunia 2015 ini lebih berwarna dan kental nuansa budaya. ‘’Aktivitas evennya juga lebih menyebar dari Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima. Termasuk kegiatan Peziarah Tambora di Gili Tapan, Gunung Tambora, dan Labuan Kenanga,’’ terangnya.

Selanjutnya, pada 12 sampai 14 April digelar pentas seni kabupaten/kota se-Pulau Sumbawa dan pameran ekonomi kreatif. Juga digelar pameran permuseuman warisan budaya maritim yang dilaksanakan Museum NTB di Istana ASI Mbojo Kota Bima.

Bimo dan Anita, MC Lounching Festival Pesona Tambora 2016

Bimo dan Anita, MC Lounching Festival Pesona Tambora 2016

Di Teluk Bima juga digelar Festival Teluk Bima pada 13 April  yang menyuguhkan lomba renang amatir, lomba dayung, dan festival perahu hias. Sementara di hari yang sama,  BKSDA Provinsi NTB melaksanakan Jambore Konservasi Tambora di Doro Ncanga.

Tak lupa, even ini juga melibatkan sekitar 200 petualang alam bebas dalam Jelajah Tambora untuk mengibarkan bendera merah putih di kaldera Tambora (13-14 April).

Puncaknya kata Faozal, Festival Pesona Tambora 2016 ini dipusatkan di Doro Ncanga, Kabupaten Bima. Rencananya, akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. ‘’Jika pada puncak acara Presiden RI ke luar negeri, acara ini akan dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kala,’’ tandas Faozal.(*)

Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com