Rancak dendang tarian Samawa.(photo; Apink Alkaff)

Semangat Tambora, Kaldera Bermata Surga, dan Savana Berjiwa Nirwana

…Langit bermata senja, bumi pekat meronta.

Air pohon merana, burung hinggap di atas.

Hingga di satu masa Nusantara mempesona, dunia mengenal …Tambooora

Kaldera bermata surga, savana berjiwa nirwana

Dana Mbojo, Dompu, dan Bima, seikat tanah Sumbawa

Gelora sepanjang masa

Tamboora….menjulang mempesona .

Demikian penggalan theme song Festival Pesona Tambora (FPT)  2016. Lirik garapan Salman Alfarisi yang dibawakan Andre Hehanusa bersama Purwacaraka Big Band ini di-lounching dalam opening ceremony FPT 2016 di halaman kantor Gubernur NTB, Sabtu malam (9/4).

Lounching Festival Pesona Tambora 2016 di halaman kantor Gubernur NTB

Lounching Festival Pesona Tambora 2016 di halaman kantor Gubernur NTB

Lagu yang penuh semangat ini mengisahkan dampak letusan Tambora dua abad lalu yang kini keindahannya memesona dunia. Musik elegan Kang Purwacaraka Big Band ini mendapat respon positif dari ratusan tamu undangan.

Lain semangat Andre Hehanusa, lain pula semangat Emilia Contesa. Dengan semangat yang sama, Emelia, artis tempo dulu yang kini duduk di Dewan Perwakilan Daerah RI ini didaulat menjadi Duta Wisata NTB.

Suasana peluncuran Festival Pesona Tambora 2016 ini terasa hangat dengan seloroh Wakil Gubernur NTB, HM Amin di atas panggung. Tak lupa Wagub NTB ini mengungkapkan betapa ia sangat mengidolakan sosok Emilia Contesa semasih muda dulu. Dalam sambutannya, Amin banyak mengutif semangat dan pesan tokoh-tokoh dunia.

Pose bareng eksekutif, legislatif, dan musisi dalam Festival Tambora 2016. (photo: Apink Alkaff)

Pose bareng eksekutif, legislatif, dan musisi dalam Festival Tambora 2016. (photo: Apink Alkaff)

Malam peluncuran FPT 2016 ini tambah meriah ketika tiga dara Samawa rancak mendendangkan tari khas Sumbawa. Lantunan lagu-lagu old school yang kemudian dibawakan Purwacaraka pun memenuhi suasana malam bercitarasa tradisional NTB ini.

”Even yang digelar di Nusa Tenggara Barat  ini banyak membuat iri daerah-daerah lain,” ungkap Asdep Pengembangan Pasar Nasional Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya dalam sambutannya.

”Jangan lupa, buat berita yang bagus,” ujar Raseno sambil tersenyum kepada wartawan seturun dari panggung.

Tari Tradisional India, Caturang warnai Festival Pesona Tambora 2016. (photo; Apink Alkaff)

Tari Tradisional India, Caturang warnai Festival Pesona Tambora 2016. (photo; Apink Alkaff)

Sentuhan nuansa budaya tradisional India juga mewarnai Festival Pesona Tambora kali pertama ini. Lincah dan liuk Tari Caturang yang dibawakan Prety Sinha dari Konsulat India, Bali, juga mampu menyedot perhatian ratusan tamu undangan.

Keterlibatan penari India di tengah nuansa budaya Mbojo dan Samawa ini cukup menambah citarasa tradisi berkelas dunia. Tidak sampai disitu, gaung Pesona Lombok-Sumbawa ini membuat artis Bollywood berencana akan menggarap film di Pulau Lombok dan Sumbawa. (*)

Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com