Sekda NTB DR Rosiadi Sayuti, Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Saptono, dan Prof DR Ahman Sya saat melepas salah satu angkutan MTQ Nasional ke-XXVI dalam Pembukaan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa di Taman Budaya.

Dibuka, Pekan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa

Mataram – Pekan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa (PRLS) di Taman Budaya Mataram telah dibuka, Senin (20/6). Even promosi pariwisata bernuansa Islam kali pertama ini digelar sampai 27 Juni 2016 mendatang.

Sejatinya, Pekan PRLS di Taman Budaya ini dijadwalkan dibuka Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi. Lantaran, ada kegiatan lain, pembukaan Pekan PRLS dibuka Sekda NTB DR Rosiadi Sayuti.

Pembukaan Pekan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa di Taman Budaya Mataram, Senin (20/6).

Pembukaan Pekan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa di Taman Budaya Mataram, Senin (20/6).

Pembukaan Pekan PRLS ini juga dihadiri Prof DR Ahman Sya, Deputi Pengembangan Kepariwisataan Kemenpar RI, Kapolda NTB Brigjen Polisi Umar Saptono, Danlanud Mataram, Danrem, dan puluhan general menejer hotel se-Lombok.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB HL Muhammad Faozal dalam laporannya menyebutkan, Pekan Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa ini merupakan salah satu even menuju Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI.

‘’Ada 40 taksi, 74 Damri, dan sejumlah koperasi angkutan siap mendukung MTQ Nasional Juli 2016 ini,’’ kata Faozal sambil menunjuk kearah ratusan Damri dan taksi yang parkir di depan arena pembukaan PRLS.

Dijelaskan Faozal, even ini menggelar kampung kuliner, kampung fashion, dan sedikitnya tujuh mata lomba bernuansa Islam. Antara lain, lomba fashion show muslim, bazar ramadhan, festival bedug, pesona 1000 masjid, photo kontes, lomba kaligrafi Islam, dan lomba menulis sejarah Islam. ‘’Pesona 1000 masjid yang dilombakan adalah kebersihan masjid-masjid dan menejemen masjid terutama di daerah-daerah tujuan wisata. Total hadiah  untuk lomba ini Rp 20 juta,’’ kata Faozal.

Penyerahan sertifikat lahan untuk pembangunan Politeknik Pariwisata Negeri Lombok.

Penyerahan sertifikat lahan untuk pembangunan Politeknik Pariwisata Negeri Lombok.

Untuk festival bedug nantinya akan melibatkan sekolah-sekolah. Peserta menampilkan kreasi siswa dalam memainkan bedug maupun percusi.

Sementara untuk lomba menulis sejarah Islam ini diperuntukkan untuk umum. Materinya bisa tentang sejarah Islam masuk Lombok Sumbawa. Atau sejarah perkembangan Islam di Lombok  Sumbawa. ‘’Kita berharap Pekan Pesona Ramadhan ini bisa menjadi media promosi kekhasan ramadhan di Lombok Sumbawa,’’ jelas Faozal.

Acara pembukaan ini juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat lahan untuk Politeknik Pariwisata Negeri Lombok. ‘’Perguruan tinggi pariwisata ini sudah dibuka. Saat ini sudah ada 40 calon mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Negeri Lombok,’’ ungkap Faozal.

Sementara itu, Sekda NTB, Rosiadi Sayuti dalam sambutannya juga sempat menyinggung awal mula dibukanya Politeknik Pariwisata Negeri Lombok ini. ‘’Politeknik Pariwisata Negeri ini merupakan salah satu impian kita dulu,’’ kata mantan Ketua Bappeda NTB ini. (*)

Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com