Be-Young 2016 di Pantai Sira, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Be-Young: Ruang Kreatifitas Bersama Pemuda Lombok Utara

Program Be-Young merupakan program tahunan Yayasan Pasir Putih. Program ini dijadikan sebagai platform buat pemuda-pemudi di Lombok, terutama di Lombok Utara. Yang kemudian nantinya dimanfaatkan menjadi ruang kreatifitas bersama dan bersilaturrahim.

Main Pinggir: Be-Young ajang kreatifitas pemuda Lombok Utara.

Main Pinggir: Be-Young ajang kreatifitas pemuda Lombok Utara.

Program ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 8 sampai 10 Agustus 2016.Untuk agenda hari pertama, Senin, 8 Agustus, pembukaan yang dihadiri 10 SMA/MA sederajat, dan perwakilan Dinas Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, perwakilan dari Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) dan Lembaga Lingkungan Hidup Lombok Utara.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kemah Remaja 2016 (Be-Young), Etika Lailaturrahmah menyampaikan, program kepemudaan ini melibatkan segenap komunitas dari berbagai elemen masyarakat. Antara lain, Pawang Rinjani, Pendaki Bersih, Pramuka, Serrum Jakarta, Forum Lenteng Jakarta, L’fnant, SFN Labs, Komunitas Pecinta Seni (KAPAS), Bank Sampah NTB Mandiri (BSM), Lembaga Seni Menduli Selayar (LSMS), Bomb Of North (BON) dan KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta Solo.

Sementara Menejer Program Pasir Putih, Muhammad Sibawaihi yang akrab dipanggil Siba ini mengatakan, program Be-Young ini terwujud karena kondisi masyarakat Lombok Utara yang dinamis dan selalu berubah. Gempuran budaya luar dan ancaman penyalahgunaan narkoba juga mulai menghantui pemuda Lombok Utara.

Main Pinggir; Be-Young 2016

Main Pinggir; Be-Young 2016

‘’Di Pemenang saja sudah ada 300 lebih pengguna narkoba yang diamankan polisi,” ungkapnya.

Perubahannya kata Siba, sangat luar biasa. Ini kata dia, terjadi akibat akulturasi budaya yang membuat pamuda di Lombok Utara juga semakin melupakan identitasnya sebagai warga Lombok Utara.

Ada yang menarik dari agenda pembukaan ini, adalah ketika dialog antara peserta, Dinas Pariwisata Lombok Utara dan Kantor Lingkungan Hidup Lombok Utara. Diskusinya soal perkembangan pariwisata di Lombok Utara dan bagaimana kemudian dampaknya terhadap lingkungan.

Mengenai lingkungan langsung dijelaskan juga oleh perwakilan dari Kantor Lingkungan Hidup Lombok Utara. Dialog berlangsung serius ketika paserta juga diajak untuk mencatat apa yang disampaikan dalam diskusi.

Beberapa agenda pada hari pertama ini, adalah

  1. Pembukaan secara resmi, Kemah Remaja Be-Young 2016 “Main Pinggir”.
  2. Keakraban dan perkenalan sekaligus mempresentasikan program di sekolah atau di kampung mereka. Acara ini akan dilakasanakan pada pukul 14.00-16.00 Wita.
  3. Permainan dan uji nyali yang akan dipimpin teman-teman dari Komunitas Pendaki Bersih dan Pramuka.
  4. Panggung Kreasi, panggung ini diperuntukkan bagi semua peserta dan semua yang hadir di Kemah Remaja Be-Young 2016 untuk menunjukkan bakat dan keahlian.

Nanti juga panggung kreasi ini akan diiisi dengan pantomime performance oleh teman-teman dari Taiwan dan banyak lagi, acara ini akan berlangsung pada jam 20.00-22.00 Wita.(*)

Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda