Tarian Dengklek dari ISI Jogjakarta di pembukaan FPS 2016 di Senggigi Lombok, NTB.

Tari Dengklek Hebohkan Pembukaan Festival Pesona Senggigi

SENGGIGI – Tari dengklek yang dibawakan penari-penari senior ISI Jogjakarta hebohkan pembukaan Festival Pesona Senggigi (FPS), Jumat malam (16/9).  Aksi seru penari-penari uzur yang rata-rata berusia di atas 50 tahun ini memukau penonton.

Aksi gokil penari dengklek ISI Jogjakarta di pembukaan FPS 2016.

Aksi gokil penari dengklek ISI Jogjakarta di pembukaan FPS 2016.

Mereka tidak saja menampilkan lembutnya gerak tarian, tetapi mereka juga melakukan aksi teatrikal layaknya penari belasan tahun. Tidak itu saja, penari-penari senior Jogjakarta ini pun menyuguhkan tarian yang sarat pesan moral dan terkadang mengocok perut.

‘’Meski usia sudah diatas 50 tahun, mereka tampil sangat lincah. Saya tidak bisa bayangkan, bagaimana aksi mereka ketika mereka masih muda,’’ kata Wakil Gubernur NTB, HM Amin mengomentari penampilan tarian dengklek tersebut.

Dari tuan rumah, tarian dari pulau Sumbawa mengawali pembukaan Festival Pesona Senggigi sekaligus penutupan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS)  2016. Penampilan tiga pasang muda-mudi Samawa ini tampil dengan tarian riang diiringi lagu dan musik akustik khas Sumbawa.

Tarian Samawa di pembukaan FPS 2016.

Tarian Samawa di pembukaan FPS 2016.

Sementara tari kontemporer selemor ate yang dibawakan gadis-gadis Lombok tampil menghibur. Tarian yang mewakili kesenian khas Lombok ini menyuguhkan tarian rancak dan berirama cepat.  Alhasil, penonton dibuat cukup tertegun menyaksikan tarian karya Lalu Surya Mulawarman ini.

Tarian Selemor Ate di pembukaan FPS 2016

Tarian Selemor Ate di pembukaan FPS 2016

Di penghujung acara, para tamu undangan disuguhkan atraksi puluhan skaha gendang beleq. Skaha-skaha gendang beleq ini tampil setelah Wakil Gubernur NTB HM Amin, didampingi Bupati Lobar Faozan Khalid dan Bupati KLU H Najmul Ahyar membuka dan menabuh  tiga gendang beleq sebagai tanda dibukanya FPS 2016.

Nantinya, tarian-tarian ini juga akan dipentaskan di tiga titik yang menjadi pusat kegiatan FPS 2016 ini. ‘’Kita berharap, Festival Pesona Senggigi ini benar-benar bisa dinikmati wisatawan domestik maupun asing di sepanjang kawasan Senggigi,’’ jelas Kadis Kebudayaan dan Pariwisata NTB, HL Muhamad Faozal dalam sambutannya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About UTARAKITA

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda