Prescon Festival Pesona Gili Indah di Hotel Golden Tulip, Mataram.

Seribu Flamboyan Ramaikan Festival Pesona Gili Indah

Mataram – Gili Begawe, atau yang kini berubah brand menjadi Festival Pesona Gili Indah (FPGI) kembali digelar. Kini, gawe bareng Pemda KLU yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB akan digelar tiga hari, 5-6-7 November 2016.

Bibit flamboyan (delonix reggia) Pawang Rinjani yang siap dibumikan 5-6-7 November 2016.

Bibit flamboyan (delonix reggia) Pawang Rinjani yang siap dibumikan 5-6-7 November 2016.

Pesta tahunan warga pesisir Lombok Utara kali ini lebih berwarna dan lebih terkonsep.”Festival Pesona Gili Indah 2016 ini mengusung tema pelestarian lingkungan,” ujar Kadis Budpar NTB, HL Mohammad Faozal dalam jumpa pers di Hotel Golden Tulip, Mataram, Selasa (15/10).

Selain akan menggelar bersih-bersih pantai, gawe bareng ini akan diwarnai mural fiesta. Tidak itu saja, FPGI 2016 akan dimeriahkan kehadiran ratusan atlet 10K Gili Coast Trail Color Run 10 K. Juga akan diwarnai Gili Artmosphere, traditional performance, penayangan film dokumenter, sail pass, dan konser reggae on the beach.

‘’Lari keliling pulau ini akan menjadi pemanasan sebelum digelarnya even Lombok Marathon 2016,’’ terang Faozal.

Yang tak kalah menariknya, festival gili ini akan diramaikan dengan pelepasan tukik (penyu kecil) dan penanaman seribu pohon flamboyan. ‘’Kami ingin, even ini lebih banyak melibatkan warga dan wisatawan,’’ ujar Faozal.

Di tempat sama, Rianom, Kasi Kebudayaan Dikbudpora KLU menyampaikan, even tahunan ini akan menampilkan ritual budaya warga Lombok Utara yang disebut menyia (menggarami). Ritual ini kata Rianom, mengisahkan tentang kearifan lokal warga Lombok Utara ketika mengetahui manfaat garam di Danau Gili Meno. ‘’Kami berharap, even tahunan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke tiga gili secara khusus dan Lombok Sumbawa secara umum,’’ terang Rianom.

Sedangkan untuk urusan penanaman seribu bibit pohon flamboyan di tiga gili ini, penyelenggara juga bekerja sama pegiat lingkungan, Pawang Rinjani. ‘’Insya Allah, Gubernur NTB akan ikut melakukan penanaman seribu bibit flamboyan (delonix regia) di tiga gili,’’ ungkap Faozal setelah melaporkan kegiatan ini kepada TGH Zainul Majdi.

Kepada utarakita.com Faozal menegaskan, Gubernur NTB sangat tertarik untuk ikut serta menanam seribu flamboyan di Festival Pesona Gili Indah ini. ‘’Urusan lingkungan, Pak Gub memang memberikan perhatian serius,’’ ungkap Faozal. (*)

Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com