Giliran Tour De Lombok Mandalika yang Unjuk Gigi

Mataram – Sepertinya, mimpi menjadikan Lombok sebagai Bike Island bakal terwujud. Selain menawarkan road terbaik, sport tourism roadbike di Lombok juga menyuguhkan pemandangan terbaik.

Kini, sepeda tidak hanya ajang mencari prestasi, tetapi mulai menjadi gaya hidup kelas menengah Lombok. Setelah even bergensi Gran Fondo digelar, Lombok kembali didaulat menjadi tuan rumah lomba sepeda tingkat dunia lain.

Tour De Lombok Mandalika

Diperkirakan, pesertanya mencapai 1.500 orang dari 17 negara. Sejauh ini, sekitar 17 team dari luar negeri dan lima team dalam negeri sudah mendaftarkan diri. Rencananya, even yang dibagi empat etape ini akan digelar mulai 13 sampai 16 April 2017 mendatang.
Etape pertama; Mataram – Kuta (126 km), etape kedua; Bangsal – Senaru (113 km), etape ketiga; Kuta – Sembalun (115 km), dan etape keempat; keliling kota Mataram (112 km). Pemenangnya, berhak mendapat Rp 800 juta.
Adalah Union Cycliste International yang menjadi penggagas Tour De Lombok Mandalika. Kenapa Mandalika? Karena Mandalika akan menjadi pusat kegiatan lomba roadbike keliling Lombok ini. Selain itu, kecantikan Kawasan Ekonomi Khusus Putri Mandalika ini memang tengah menjadi sorotan dunia. Konon, pangeran-pangeran arab sudah kepincut untuk menanamkan modalnya di selatan pulau ini.

KOMPAK; Penyelenggara

“Kami sangat bersyukur, kawasan Mandalika menjadi panggung utama even bergengsi ini,” kata Direktur Operasional PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ngurah Wirawan (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait penyelenggaraan “Tour De Lombok Mandalika 2017” di Mataram, NTB, Kamis (2/3).
Wirawan juga berjanji akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik untuk menyukseskan even kelas dunia ini. Seperti halnya Wirawan, Ketua UCI NTB, Husnul Fauzi, juga berharap sama. Organisasi bersepeda internasional ini mengaku siap menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah yang baik. “Saya yakin, even ini akan menjadi even pertama di indonesia,” kata Fauzi.
Semangat yang tidak kalah garang juga ditunjukkan Ketua KONI NTB, Andy Hadianto. Sebagai penggila roadbike, Andi juga optimis, even ini akan menjadi even tahunan sepeda terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Andy optimis, even ini akan masuk dalam salah satu even sepeda besar dunia karena menawarkan jalur yang mulus dengan pemandangan yang memesona. “Saya sudah banyak mengikuti even-even sepeda di Indonesia ini, saya yakin even kita ini akan menjadi yang terbaik,” ungkap penggila roadbike Lombok ini.
Menurut Andy, dampak sport tourism seperti ini sangat besar. Selain atlet sepedanya, yang datang ke Lombok juga dari pihak sponsor, kerabat, dan keluarga. “Rata-rata, satu atlet itu bawa  teman, asisten, atau rekannya. Bisa dibayangkan jika pesertanyan 1.500 orang dan dari 17 negara,” beber Andi.
Agar even ini guangnya lebih nendang timpal Kadis Pariwisata NTB, kick off Tour De Lombok akan dimulai dari Jakarta. “Kita sudah beberapa kali menggelar even besar, even ini pun harus dijadikan even tahunan terbesar. Untuk itu, Gubernur NTB akan menuangkan sejumlah even dalam peraturan gubernur,” beber Faozal. (*)

Apink Alkaff

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com