Pengurus ASITA NTB pose bareng wartawan pariwisata NTB

Rinjani Travel Mart 2 Diserbu Agen Malaysia

”ASITA NTB tetap realistis pasang target”

Mataram – Rinjani Travel Mart (RTM) 2 diserbu agen-agen perjalanan Malaysia. Dari sekitar 223 agen perjalanan dunia yang menjadi peserta RTM2, 84 travel agen yang mendaftar berasal dari Malaysia. Sisanya, dari Singapura, Jepang, Korea, dan sejumlah negara Asia lainnya.

Rencananya, gawe besar Association Of The Indonesia Tours and Travel Agency (ASITA) NTB akan digelar tiga hari, 28-29-30 April 2017 ini.’’RTM pertama kita gelar November 2015 lalu. Pada 2016 sebetulnya akan diadakan RTM, tetapi karena ada IHTF dan Rakernas ASITA di Mataram, baru sekarang kita bisa menggelar RTM lagi,’’ ungkap Ketua ASITA NTB Dewantara Umbu Djoka dalam press conference di lantai 11, Hotel Golden Palace Mataram, Rabu (26/4).

Ketua ASITA NTB, Dewantoro Umbu Djoka (pegang mik) saat press conference RTM2 di Hotel Golden Tulip Mataram.

Umbu berharap, RTM ini menjadi salah satu ikon dan agenda tahunan ASITA NTB. Untuk itu, Umbu memastikan RTM kali ini juga bakal  dihadiri buyer-buyer potensial dalam negeri yang tergabung dalam ASITA se-Indonesia.

Peminat peserta RTM 2017 ini sambungnya, diakui lebih ketimbang RTM sebelumnya. Tadinya kata Umbu, pihaknya menargetkan 200 peserta. Namun, karena permintaan dari travel-travel agen Malaysia cukup tinggi, kuotanya ditingkatkan sampai 250 travel agen.

Umbu optimis, saat ini Lombok tengah booming. ‘’Berlibur di Lombok itu tidak murah-murah banget, juga tidak mahal banget. Tidak menutup kemungkinan, nilai transaksi potensial bisa sekitar Rp 20 miliar. ASITA tetap realistis dalam memasang target,’’ sebut Umbu.

‘’ASITA ini dengan harapan semua stakeholder di NTB bisa saling sinergi. Kita hanya bagian kecil dari sektor pariwisata NTB,’’ imbuh Umbu.

Umbu juga sempat menyinggung tentang sinergi ASITA dan media masa dalam memajukan pariwisata NTB. ‘’Kita tidak mungkin tidak bersahabat dengan media karena media jadi stakeholder pariwisata. Kalau kita mau bersama, ya harus sama-sama,’’ tandasnya.

Di tempat yang sama, Sekjen ASITA NTB, Agustin Sasongko Wati menjelaskan, RTM2 ini akan dihadiri 55 seller, dari pihak hotel yang menjadi teman ASITA di NTB. Baik itu hotel berbintang dan nonbintang di Mataram, Senggigi, dan Gili Trawangan.

Lebih jauh Agustin memaparkan, pada hari pertama peserta akan dibawa ke Mandalika. Makan siang di Novotel Kuta, menikmati bukit merese. ‘’Gak hanya table top, tapi juga mengetahui produk Lombok itu seperti apa. Setelah ke Trawangan dan fun games, pada hari ketiga peserta akan mengikuyi city tour ke ikon Islamic Center,’’ ungkapnya.(*)

Apink Alkaff

 

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com