Kembali, Lombok Tuan Rumah GFNY Championship Asia

Mataram – Global cycling marathon series Asia, Gran Fondo New York (GFNY), kembali digelar, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (3/9). Kali ini, kejuaraan bergengsi kelas dunia ini akan diikuti sekitar 800 peserta dari 33 negara.
Dibanding tahun sebelumnya (2016), peserta GFNY Championship Asia 2017 ini lebih banyak. Jalur yang akan digunakan juga berbeda. Jika tahun sebelumnya, even sepeda bergengsi ini melintasi Kota Mataram dan bagian selatan pulau Lombok, tahun ini sebagian besar jalurnya ada di Lombok Utara dan Lombok Barat.
Nantinya, para peserta akan start dari Holiday Resort, Senggigi. Kemudian melintasi daerah wisata Nipah, Malimbu, Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, dan balik arah di Anyar, Bayan, Lombok Utara. Peserta kembali akan melintasi ruas jalan utama Lombok Utara menuju Pemenang dan melintasi tanjakan Pusuk, Gunungsari, Batu Layar, dan finish di Holiday Resort.
Artinya, selama even bergengsi kelas dunia ini digelar, sepanjang jalan yang dilalui peserta akan ditutup total. Untuk itu, sekitar 1.023 personil kepolisian akan diterjunkan untuk mensterilkan jalur selama lomba.

Prescon GFNY Championship Asia di kantor Dispar NTB.

Menariknya, GFNY Indonesia kali kedua di Lombok ini akan menjadi tuan rumah GFNY Championship Asia. “Sebanyak 40 pemenang GFNY Malaysia 23 April 2017 lalu mendapat hadiah mengikuti GFNY di Lombok ini,” kata Tenne Permatasari, koordinator GFNY Indonesia dalam press conference di kantor Dispar NTB, Selasa (30/9).
Dijelaskan Tenne, jarak balapan kali ini dibagi dua. Long distance 168 kilometer dan medio distance 82 kilometer dengan medan datar 27 kilometer pertama. “Peserta akan dilepas pukul 06.00 WITA. Cut of times (batas maksimal) untuk peserta long distance adalah pukul 15.41 WITA dan untuk medio distance pukul 11.59 WITA,” terang Tenne.
Sebagai GFNY Championship Asia jelasnya, 20 persen peserta yang finish pertama dari tujuh nomor untuk kategori individu bisa ikut di GFNY New York 2018 dan berhak start di first corral. Pemenang putra dan putri long distance juga mendapat undangan dari GFNY NYC 20 Mei 2018.

GFNY Lombok

“Untuk kedua pemenang ini, biaya akomodasi dan registrasi akan ditanggung panitia GFNY World Championship,” ungkap Tenne.
“Melalui even ini, dengan bangga saya ingin menunjukkan keindahan pulau Lombok kepada dunia internasional. Saya berharap, semua peserta bisa menikmati keindahan Lombok dan merasakan keramahtamahan masyarakat Lombok yang menyenangkan. Semoga balapan berjalan lancar, tidak ada kecelakaan, dan semua peserta senang,” tambah Axel Moeller, Advisor Event dalam rilisnya.
Ditempat yang Kadis Pariwisata NTB, HL Mohammad Faozal mengaku bangga even cycling dunia ini bisa digelar kembali di Lombok. Ia juga mengaku sangat senang, GFNY Indonesia ini masuk dalam kalender even pariwisata nasional.
“Hampir 80 persen jalur lomba akan melintasi daerah-daerah wisata. Karena ini race, seluruh jalan yang dipakai selama lomba akan ditutup total. Kita juga melibatkan masyarakat di sejumlah titik sebagai relawan yang ikut menyukseskan lomba ini,” ujar Faozal antusias.
Ditegaskan Faozal, jumlah peserta tahun ini meningkat 100 orang dibanding sebelumnya. Ini sambung Faozal, menunjukkan even ini mendapat perhatian serius dari para penggemar cycling marathon dunia. “Even ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Pesona Lombok Sumbawa. Seperti tahun sebelumnya, even ini akan diikuti Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi,” jelas Faozal.
“Kami berharap,GFNY Indonesia di Lombok ini bisa terus digelar. Dan masyarakat Lombok, khususnya masyarakat Lombok Utara dan Lombok Barat bisa berpartisipasi dan ikut menyukseskan even bergengsi kelas dunia ini,” tandasnya. (*)

[modal_login_button size=btn-large align=rhl-left]

About apink alkaff

apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com