You are here
Home > ADVENTURE > Ada Gran Fondo New York di Lombok

Ada Gran Fondo New York di Lombok

”Rasakan sehari menjadi atlet sepeda profesional”

Mataram – Akhir 2016 ini, Lombok benar-benar dituntut mampu menjadi tuan rumah yang baik. Betapa tidak, selain menyambut ribuan utusan Nusantara dalam MTQ Nasional, warga Lombok juga harus siap menyambut ribuan pecinta olahraga sepeda dunia. Tidak tanggung-tanggung, even sepeda profesional bertaraf internasional Gran Fondo New York (GFNY) akan digelar di Lombok.

Jalur GFNY Lombok
Jalur GFNY Lombok

Rencananya, even sepeda bergengsi pertama di Asia ini akan digelar pada 2 Oktober 2016 mendatang. Start dari kawasan pantai Senggigi, ke utara menuju Lombok Utara, melintasi kawasan pantai Klui, Malimbu, Malaka, Mentigi, Telok Borok, Setangi, Telok Nara, Telok Kodek, dan memutar di Pemenang menuju Mataram. Setelah melintasi jalur pantai, peserta akan disuguhkan eksotisme hutan hujan tropis Pusuk.

Sedikitnya 62 tikungan di sepanjang kawasan hutan monyet Pusuk ini harus dilintasi peserta GFNY Lombok. Setelah masuk Gunungsari, peserta belok ke arah Desa Mambalan, masuk Desa Duman, dan keluar Selagalas. Dari Selagalas, peserta ke Bagek Polak, belok kanan ke Bajur dan lurus ke Ampenan. Finish kembali ke Sengigi.

Untuk even kali pertama ini, panitia GFNY Lombok menargetkan seribu peserta dari 50 negara. Dengan jarak tempuh sekitar 180 kilometer. ‘’Ini even bergengsi bertaraf internasional yang harus kita dukung,’’ kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata NTB HL Muhamad Faozal kepada wartawan, Rabu (15/6).

Gubernur NTB dalam GFNY Style
Gubernur NTB dalam GFNY Style

GFNY Indonesia ini merupakan event balap sepeda internasional dengan kualifikasi untuk GFNY Championship di New York City. GFNY Indonesia yang kali pertama diadakan di Asia ini dihajatkan sebagai ajang ngumpulnya penghobi sepeda dunia. Dari berbagai provinsi di Indonesia dan dari berbagai belahan dunia lainnya.

Tujuannya, berlibur sambil olahraga. Serunya lagi, peserta pemula bisa merasakan sensasi menjadi pembalap profesional dalam sehari. Tentunya, dengan mengikuti Granfondo New York – Indonesia yang akan digelar di Lombok ini.

Event ini diyakini akan memberi kebaikan besar untuk pariwisata Indonesia, terutama Lombok. Selain menghasilkan devisa, kedatangan ribuan penghobi sepeda ini melirik sektor pariwisata Lombok. Intinya, lebih mengenalkan Indonesia, khususnya Lombok di mata dunia. Dan yang pasti, peserta juga akan menikmati destinasi-destinasi wisata Pulau Lombok yang dilalui.

Rangkaian program diadakan atas bekerjasama Kementerian Pariwisata RI; Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov NTB dan beberapa Badan Pendamping untuk Promosi Pariwisata Provinsi NTB juga Kemenpora RI dan ISSI Pusat. (*)

Apink Alkaff

 

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top