You are here
Home > ADVENTURE > Agung Erupsi, Rinjani tetap Bisa Didaki

Agung Erupsi, Rinjani tetap Bisa Didaki

Dont worry guys! Gunung Agung boleh erupsi, Rinjani masih bisa didaki kok.
Buat, yang berencana piknik spesial akhir tahun, monggo disiapin aja logistiknya. Dijamin akan menjadi pengalaman seru mendaki Rinjani ketika Agung di seberang lautan meletus. Dan yang pasti, mendaki di cuaca ekstrim akhir tahun kayak gini ni bakal lebih menantang dari biasanya. So pasti, kamu bakal dapetin pengalaman wild eksklusif  penghujung tahun.

Apink Alkaff – Lombok

Ketika Gunung Agung muntah-muntah, saat ini Gunung Rinjani tidak terdampak signifikan. Status Rinjani masih dititik aman, waspada.
Seperti laporan Mutaharlin, petugas KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunungapi Rinjani tertanggal, 26 November 2016, pukul 24.00 WITA.
Dalam laporan aktivitas gunungapi, periode pengamatan, Rinjani (3726 mdpl),Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat bercuaca mendung. Angin bertiup lemah ke arah timur. Suhu udara 20-28 °C dan kelembaban udara 86-92 %.
Ketika Gunung Agung menggeliat aktif, Gunung Rinjani tampak jelas. Hanya saja, asap kawah tidak teramati.
Kegempaanya, masuk kategori Tremor Non-Harmonik. Dengan jumlah, 1 Amplitudo : 6 mm, Durasi : 36 detik.
Mutaharlin menyimpulkan, tingkat aktivitas Gunung Rinjani Level II (Waspada)
Direkomendasikan, masyarakat di sekitar Rinjani dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas/berkemah di dalam area tubuh Gunung Barujari. Termasuk di area lava baru dan seluruh area di dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Barujari.
Eit, jangan kuatir vro, pendakian diperbolehkan kecuali di seluruh bagian tubuh Gunung Barujari doang. Karena material lava letusan masih bertemperatur tinggi dan tidak stabil sehingga rawan rockfall atau longsoran batu.
Meskipun tidak dapat dipastikan, namun potensi letusan Gunung Rinjani masih ada. Untuk itu, pendaki, pengunjung, wisatawan yang beraktivitas di luar radius 1,5 km dari Gunung Barujari maupun masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharapkan selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan mulut serta pelindung mata agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan iritasi mata jika terjadi letusan abu.
Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharapkan tetap tenang namun tetap menjaga kewaspadaan dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani yang tidak jelas sumbernya.(*)

Ingat heb..! Semangat boleh kurang, logistik jangan.!

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top