You are here
Home > INTERNASIONAL > Bali Nyepi, Lombok Eclipse Party

Bali Nyepi, Lombok Eclipse Party

Ketika Pulau Bali sunyi dan menyepi, Pulau Lombok justru happy dan menggelar party. Mungkin itu salah satu perbedaan sekaligus hubungan unik antara Pulau Bali dan Pulau Lombok yang terjadi setahun sekali.

Eclipse for everyone (design grafis: D Pramoehadi)
Eclipse for everyone (design grafis: D Pramoehadi)

Lombok Party tahun ini pun akan terasa lebih istimewa. Tidak saja karena Lombok memang tengah naik daun dalam dunia berlibur. Tetapi juga karena party sunyi di Lombok Maret 2016 ini dibarengi fenomena alam gerhana matahari.

Tengok saja, tiga gili, di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara yang tengah bersiap menggelar aneka party menyambut eclipse dan nyepi tahun ini. Ada yang menggelar gala dinner ala kaum jetset. Ada juga yang merayakan eclipse nyepi sambil jamming island di sudut-sudut restauran dan bar tiga gili.

Tidak saja di Gili Indah yang akan kebanjiran wisatawan. Selama dua sampai tiga kedepan (8-9-10 Maret 2016), Lombok ketiban banyak rezeki. Karena sebagian besar wisatawan asing maupun lokal yang tadinya ada di Bali ‘’kabur’’ dan bergeser menikmati bingar di Lombok.

Pelaku bisnis pariwisata di tiga gili, Kota Mataram, maupun kawasan pantai selatan Lombok juga tengah bersiap menyambut limpahan tamu selama Hari Raya Nyepi berlangsung. Sederet sajian unik dan menu khusus mulai disuguhkan selama sepekan kedepan.

Energi sunyi yang memudar bersama perubahan rotasi pun menyisakan sederet misteri. Pulau-pulau sunyi dan tepi-tepi pantai yang tadinya sepi pun mendadak bersiap kedatangan tamu.

Adalah Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balik Papan, Palu, Poso, Halmahera, Luwuk, dan Ternate. Kota-kota yang tadinya belum populer oleh sentuhan pariwisata mendadak mencuat. Lintasan tepat dimana gerhana matahari bisa disaksikan ini pun mendadak menjadi tujuan wisata baru.

Satu berkah tersendiri bagi daerah tadi yang kini menjadi tuan rumah dan kedatangan tamu dunia. Untuk penelitian atau pun sekedar untuk menjadi saksi fenomena alam langka.

Tidak saja Sampit atau Poso yang sebelumnya dikenal karena tragedi kemanusiaan ketiban berkah gerhana matahari tahun ini. Tetapi, daerah wisata lain di nusantara pun tengah mendulang berkah tak terkira dari memudarnya waktu bersama eclipse 2016 ini. Eclipse for everyone. (*)

Apink Alkaff

 

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top