You are here
Home > ADVENTURE > Baspel Malaysia Siap Jual Pesona Lombok

Baspel Malaysia Siap Jual Pesona Lombok

Mataram – Persatuan Pemandu Bas Pelancong (Baspel) Malaysia siap menjual Pesona Lombok-Sumbawa. Selain menjual dan mempromosikan halal tourism Lombok di Malaysia, asosiasi jasa angkutan pariwisata ini akan mempromosikan pesona Lombok di Timur Tengah. ‘’Insyaallah, pada 24 April 2016 ini saya akan bawa Pesona Lombok – Sumbawa dalam pertemuan para pelaku wisata dunia di Dubai,’’ kata Presiden Baspel Malaysia, Nor Aizam Abd Kadir kepada wartawan di acara perjamuan para agen travel dan wartawan Malaysia di Museum NTB, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu malam (30/3).

Prescon dengan Presiden Baspel Malaysia di Museum NTB
Prescon dengan Presiden Baspel Malaysia di Museum NTB

Aizam juga mengaku sangat bersemangat untuk menjual paket wisata Lombok dari Malaysia. ‘’Tahun 2016 ini, kami melalui Koperasi Baspel menargetkan bisa mengirim sekitar 200 ribu wisatawan ke Lombok,’’ ungkap Aizam.

Kesamaan latar belakang sosial dan budaya atara Lombok dengan Malaysia adalah salah satu daya tarik tersendiri. Keragaman pesona wisata halal yang dimiliki Lombok kata Datuk Aizam (sapaan akrabnya) juga menjadi salah satu alasan untuk menjual pesona Lombok.

‘’Karena berwisata di itu Lombok halal, orang Malaysia, Singapura, dan orang Brunei Darussalam tidak perlu ragu datang ke Lombok,’’ tandas Presiden Baspel Malaysia ini bersemangat.

Menurut Datuk, karakteristik orang Malaysia itu suka makan. Suka mencoba makan jenis baru. Tentunya, makanan yang halal. Silahkan pinta Aizam, pelaku wisata Lombok menyediakan masakan khas daerah yang halal kepada wisatawan Malaysia.

Tari Gandrung sambut pelaku wisata Malaysia
Tari Gandrung sambut pelaku wisata Malaysia

Selain suka makan sambung Aizam, wisatawan Malaysia itu suka adventure. Trekking dan diving. ‘’Hari ini saja, antara 60 sampai 70 persen isi pesawat dari Malaysia ke Lombok itu adalah wisatawan yang akan naik gunung dan menyelam,’’ sebut Aizam diawal press converence di Museum NTB tersebut.

‘’Lain masa nanti, wartawan dan pelaku wisata Lombok mesti ke Malaysia. Kalau tidak bisa diangkut paket mobil, kita jemput pakai bas. Kalau tidak cukup pake bas, kita antar pake kreta api,’’ ungkap Presiden Baspel Malaysia ini tersenyum lebar.

Selaku sohibul bait, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB Moh Faozal juga menyatakan kesiapannya menyambut arus kunjungan wisatawan Malaysia. ‘’Kalau kapalnya ke Gili Indah tidak cukup, kami (Dinas Pariwisata dan kebudayaan NTB punya dua kapal untuk menyeberankan Pak Cik-Pak Cik ke pulau,’’ ungkap Faozal.

Utusan Kudataan RI di Malaysia yang ikut dalam rombongan pelaku wisata Malaysia.
Utusan Kudataan RI di Malaysia yang ikut dalam rombongan pelaku wisata Malaysia.

Dalam sesi tanya jawab, wartawan Malaysia sempat menanyakan seputar kerjasama penerbangan Malaysia – Lombok. Yakni, antara Kementerian Pariwisata RI dengan pihak salah satu maskapai dari Lion Air Group. ‘’Kami sudah siap melakukan kerjasama penerbangan dengan pihak Malindo sekitar Juni 2016 mendatang,’’ jawab Faozan.

Selain itu, wartawan Negeri Jiran ini menyoroti biaya promosi yang dianggarkan Kementerian Pariwisata RI untuk mendatangkan wisatawan Malaysia.  ‘’Tahun 2016 ini Kementerian Pariwisata RI menganggarkan sekitar Rp 7  miliyar untuk mempromosikan pariwisata NTB di Malaysia dan dunia internasional,’’ ungkap Faozan disambut big aplous dari puluhan tamu Malaysia.

Bersama Presiden Baspel Malaysia
Bersama Presiden Baspel Malaysia

Kesempatan prescon kali ini juga dimanfaatkan Faozan untuk mempromosikan Festival Pesona Tambora 2016. ‘’Tahun 2016 ini, kami menargetkan 3,5 juta wisatawan datang ke Nusa Tenggara Barat,’’ sebut Faozal. (*)

Apink Alkaff

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top