You are here
Home > INTERNASIONAL > Lima Prediksi Serangan Hacker Mengerikan di 2016

Lima Prediksi Serangan Hacker Mengerikan di 2016

Serangan hacker dalam dunia teknologi digital memang seringkali membuat para pelaku industri ini ketar ketir. Apalagi kemampuan para hacker ini setiap tahun terlihat semakin meningkat. Maka jika dikatakan tahun 2016 ini ada ancaman hacker yang lebih mengerikan, hal ini terlihat wajar dan bisa saja terjadi.

Lalu apa saja bentuk ancaman dan serangan hacker yang menarik di tahun 2016 ini? Berikut ulasannya yang kemukakan oleh  tim intelijen keamanan Symantec berdasarkan data-data yang dimilikinya.

Hacker
Hacker
  1. Ancaman Pada Perangkat Canggih yang Makin Menjadi Kebutuhan

Ancaman serangan hacker mengerikan pertama yang diprediski akan muncul tahun 2016 adalah pada beragam perangkat canggih yang makin menjadi kebutuhan mendesak. Beberapa perangkat canggih yang diprediksi bakal menjadi kebutuhan manusia dan sekaligus menjadi ancaman hacker ditahun 2016 adalah seperti  #smartwatch, pelacak aktivitas, holographic headset, dan perangkat Internet of Things (IOT) lainnya.

Bahkan berdasarkan laporan Gartner yang bertema Agenda Overview for the #Internet of Things, bahwa mendekati tahun 2020, 30 miliar perangkat digital diprediksi akan digunakan dan terhubung ke berbagai industri. IoT sendiri diyakini akan menyentuh setiap peran dalam perusahaan. Nah dari sini maka ancaman hacker yang mengerikan dipercaya akan semakin marak menyerang beberapa perangkat berbasis Internet of Things (IoT).

Hacking
Hacking

2. Serangan Hacker Terhadap Perangkat Apple Meningkat

Sebagai perusahaan raksasa dunia yang memproduksi beragam perangkat digital berbasis internet, #Apple diprediksi akan mendapat serangan hacker mengerikan di tahun 2016 ini. Penggunaan perangkat Apple setiap tahunnya sendiri terus meningkat.

Menurut IDC, Apple telah menyumbang 13,5 persen dari pengiriman smartphone global dan 7,5 persen dari pengiriman PC global. Dari sinilah maka para hacker akan memperhatikan peningkatan ini untuk membobol perangkat produksi Apple ini.

Hal ini sendiri terlihat saat jumlah aktor penyerang mulai mengembangkan malware tertentu yang dirancang untuk menginfeksi perangkat yang berjalan pada Mac OS X atau Ios. Dalam data yang sama dari IDC, nampak tingkat infeksi malware yang berkaitan dengan perangkat Apple ini telah melonjak, terutama dalam 18 bulan terakhir.

hacker
hacker

3. Pertempuran Ransomware dan Malware Akan Memanas

Berikutnya, ancaman serangan hacker mengerikan yang diprediksi muncul ditahun 2016 adalah pertempuran ransomware dan malware. Ransomware sendiri saat ini sudah berkembang dan menyebar ke Eropa Barat, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Eropa dan Asia. Kelompok yang menyebarkan ransomware ini pada tahun 2016 diyakini akan berkonflik dengan lebih banyak penyebar malware tradisional.

Sementara sebagian besar infeksi malware lainnya tertutup dan tidak disadari, infeksi ransomware sendiri cukup membahayakan karena bersifat terbuka dan jelas. Umumnya kehadiran ransomware pada komputer ditandai pada tanda permintaan untuk membersihkan komputer secara menyeluruh untuk menghapus malware. Namun saat dilakukan pembersihan, ransomware akan terinstall oleh bagian yang terpisah dari malware yang ada.

Hacker
Hacker

4. Risiko Serangan ke Infrastruktur Penting Melonjak

Selain ditujukan pada perorangan dan perusahaan, serangan hacker pada tahun 2016 ini juga diprediksi akan ditujukan untuk infrastruktur.  Sebenarnya penyerangan pada infrastruktur ini sudah terjadi di tahun 2015, namun di tahun 2016 nanti serangan ini diyakini akan mengalami peningkatan. Penyerangan hacker pada infrastruktur sendiri umumnya memiliki motif politik.

Organisasi politik ini biasanya akan menjalankan kampanye perang cyber dengan menyerang kelompok lain untuk mendapatkan keuntungan atau tebusan. Industri IOT saat ini memang telah menjadi lebih intens karena persyaratan dan permintaan untuk pelaporan dan peningkatan fungsi melalui konektivitas dengan layanan tambahan.

real hacker
real hacker

5. Kebutuhan Enkripsi Meningkat

Terakhir, prediski serangan hacker yang akan terjadi pada tahun 2016 adalah serangan pada enkripsi. Enkripsi sendiri saat ini memang telah menjadi kebutuhan yang penting dalam industri #teknologi.

Dengan adanya enkripsi maka yang kuat maka data dalam transit akan lebih dikenali dengan baik. Sayangnya, ternyata banyak perangkat dan #aplikasi baru yang mempunyai implementasi buruk. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kerentanan yang memungkinkan penyerang yang fokus untuk mendapatkan akses ke komunikasi melalui celah enkripsi.

Sebagai contoh, perangkat mobile yang saat ini telah populer untuk kepentingan komunikasi, penyimpanan data dan interaksi teknologi umum akan menjadi incaran atau target bernilai tinggi untuk penjahat cyber yang ingin mengeksploitasi hal tersebut.(*)

sumber: Max Manroe Blog

UTARAKITA
UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda
Top