You are here
Home > PENDIDIKAN > Lima Universitas Tertua Dunia – UTARAKITA

Lima Universitas Tertua Dunia – UTARAKITA

Era modern saat ini penduduk dunia berbondong-bondong agar bisa mengenyam pendidikan di universitas terbaik di dunia. Tidak kenal agama, universitas semacam Cambridge, Oxford, ataupun Harvard menjadi pilihan banyak orang karena kualitasnya. Tiga universitas ini setidaknya selalu berada di peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia.
Di lain sisi, orang-orang banyak yang mengira bahwa universitas-universitas dunia Islam, hanya sebatas universitas agama yang tidak peduli pada permasalahan sosial, alam, sastra, seni bahasa dan sebagainya.
Tapi, siapa yang menyangka kalau ternyata, dari ke-lima universitas tertua di dunia, hanya satu universitas saja yang bukan berasal dari dunia Islam? Siapa menyangka, bahwa setelah dunia Islam memiliki empat universitas, baru kemudian Eropa berfikir untuk membangun lembaga perguruan tinggi?
Berikut adalah profil lima universitas tertua di dunia:

Universitas Azzaituna, Tunisa.
Universitas Azzaituna, Tunisa.

1. Universitas Az Zaituna
Berdiri sekitar tahun 737/120H oleh imam ‘Ubaidillah Ibn Habhaab atas perintah imam Hassan Ibn Nu’man (wafat 86 H) salah satu penyebar Islam pertama di wilayah Tunisia. Mula-mula Az Zaituna adalah sebuah masjid yang multi fungsi.

Kemudian setelah banyaknya penuntut ilmu didirikanlah universitas.
Setelah keberhasilannya menyebarkan Islam di Az zaituna, kemudian beliau hijrah ke tempat lain di wilayah Qairowan. Yang pada ahirnya dibangunlah Masjid Qairowan oleh imam Uqbah bin Nafi (termasuk salah satu masjid tertua di afrika utara).
Masyarakat Indonesia lebih mengenal Al Azhar sebagai universitas tertua di dunia. Az zaituna kurang dikenal oleh masyarakat Islam internasional disebabkan politik negara yang tidak stabil.

2. Universitas Karouine
Kampus tertua kedua di dunia yang juga milik umat Islam ini adalah Universitas Karouine (Al-Qarawiyyin). Pada awal pendiriannya, universitas ini merupakan bagian dari masjid yang didirikan pada tahun 859 M di kota Fes Maroko oleh seorang putri saudagar kaya dari Tunisia bernama Fathimah Al Fihri. Pada perjalannya, berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka untuk bidang ilmu alam. Kemudian, pada tahun 1957, berkembang dengan dilengkapi bidang ilmu matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing. Universitas ini pun mendapat rekor sebagai universitas tertua dari Guinness Book of World Records.

Universitas Al Azhar Mesir.
Universitas Al Azhar Mesir.

3. Universitas Al Azhar
Universitas Al Azhar merupakan universitas tertua ketiga di dunia. Asal mula Al Azhar merupakan sebuah masjid yang dibangun oleh Jauhar Al Shaqali, seorang panglima perang pada Dinasti Fathimiyah, pada tanggal 24 Jumadil Ula 359 H (970 M). Awalnya berkonsentrasi pada kuliah agama, yang kemudian juga mengajarkan semua bidang ilmu pengetahuan modern. Al Azhar juga berfungsi sebagai pusat sastra dan literatur Islam Arab Sunni.
Keberadaan Al-Azhar sebagai sebuah institusi pendidikan terkemuka dan modern, juga mendapatkan pengakuan dari Napoleon Bonaparte. Dalam pengasingan di St Helena, ia menuliskan catatan harian yang mengungkapkan kekagumannya saat tentaranya ekspansi ke Mesir. Disitu ia menyebut Al-Azhar merupakan tandingan Sorbonne, universitas tertua dan terbaik di daratan Prancis.

Universitas Nazamiyya, Iran.
Universitas Nazamiyya, Iran.

4. Universitas Nizamiyya
Universitas ini didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk di abad 8 M di Persia (sekarang Iran). Universitas dengan nama yang sama juga didirikan di Basrah, Irak dan di Nishapur, Amul, Mosul, Heart, Damaskus, Basrah di Syiria. Salah satu yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyya adalah Al-Nizamiyya Baghdad yang berdiri tahun 1065 di Dhu’l Qa’da dan beroperasi di Isfahan.
Universitas yang didirikan oleh perdana menteri dinasti Saljuk yang sangat cinta ilmu ini bertujuan untuk menyebarkan doktrin Sunni, terutama Asy’ariyyah.
Di universitas ini, beberapa ulama besar yang sudah kita kenal namanya sempat melewatkan waktu untuk mengajar, seperti Imam Ghazali dan gurunya, Imam Al-Juwayni.
Universitas ini merupakan kampus (pusat pendidikan) dengan model perguruan tinggi modern pertama yang menandingi Al-Azhar seperti sistem pengajaran, bangunan yang lebih elit, kurikulum, dan jurusan yang lebih banyak.

Universitas Bologna, Italy.
Universitas Bologna, Italy.

5. Universitas Bologna
Universitas ini adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di belahan dunia Barat pada tahun 1088, di Bologna, Italia. Universitas Bologna termasuk universitas yang berada di peringkat atas hingga masa perang dunia kedua. Pada masa itu, para pemimpin menempatkan universitas untuk menjalin hubungan dengan institusi-institusi di negara yang lebih maju untuk memperkuat filosofi pendidikannya.
Saking banyaknya sejarah yang dimiliki, kampus ini memiliki 13 museum. Lebih dari itu, hingga saat ini Universitas Bologna dianggap salah satu universitas papan atas Eropa dan sistem pendidikan yang diterapkan disana banyak ditiru oleh banyak kampus lain di daratan Eropa.(*)

Sumber: Ilmuan Islam Dunia

Editor: Apink Alkaff

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top