You are here
Home > ADVENTURE > MFC, Ajang Kreatifitas Baru Generasi Muda NTB

MFC, Ajang Kreatifitas Baru Generasi Muda NTB

Mataram – Mandalika Fashion Carnaval (MFC) kali ini bakal menjadi ajang kreatifitas baru generasi muda NTB. Sedikitnya, 64 kostum unik dan 50 peserta fashion show bakal tampil di karnaval tahunan Festival Pesona Bau Nyale 2018, di Lombok Tengah, Senin (25/3).

Nantinya, 64 kostum bertema Putri Mandalika ini akan tampil bersama 17 dayang-dayang dan tujuh pangeran. Mereka akan mengitari jalanan utama kota Praya, Lombok Tengah sejauh 1,9 kilometer.
Seperti dalam legenda Putri Mandalika, ketujuh pangeran ini adalah pangeran-pangeran yang memperebutkan Putri Mandalika. “Putri Mandalika akan tampil dengan kereta lengkap dengan selendang warna warni sepanjang 20 meter,” ungkap Koordinator MFC yang juga Kapolres Loteng, AKBP Kholililur Rohman dalam jumpa press di kantor Dinas Pariwisata NTB, Sabtu (23/3).
Tentu kata Kholilur Rohman, MFC kali ini akan sangat berbeda dengan even serupa sebelumnya. Selain evennya dikemas lebih menarik, MFC yang merupakan rangkaian Festival Pesona Bau Nyale ini sudah menjadi even nasional. Artinya, even kali ini mendapat dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
“Kami berharap, even ini bisa menjadi wadah kreatifitas generasi muda NTB,” ujar Kapolres Loteng penuh semangat.
Rencananya, even ini akan diramaikan utusan-utusan dari 12 kecamatan se-Lombok Tengah. “Kami juga berharap, even ini bisa mendapat dukungan dari daerah lain selain Lombok Tengah,” tambah Kadis Pariwisata NTB, HL Muhammad Faozal.

Lion fish costum

Tidak itu saja tambah Faozal, arena MFC tahun ini akan dimeriahkan utusan Kutai Kartanegara dan utusan Kampar, Kepulauan Riau. Selain menampilkan kostum-kostum unik, MFC 2018 ini akan diramaikan dengan lomba fashion show dan photografi. (*)
Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh. Faozal mengatakan, event Festival Pesona Bau Nyale tahun ini termasuk di dalam 100 Wonderful Event Indonesia.
Lebih jauh dijelaskan Faozal, MFC merupakan salah satu rangkaian even nasional Festival Pesona Bau Nyale 2018. Sedangkan Festival Pesona Bau Nyale sendiri masuk dalam 100 even tahunan nasional.
Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale telah dimulai sejak 20 Februari dengan bagai kegiatan. Puncaknya 6 Maret di pantai Seger, kawasan obyek wisata Kuta, Mandalika.
Bau Nyale atau menangkap sejenis cacing laut ini merupakan tradisi masyarakat Suku Sasak yang telah ada sejak zaman nenek moyang suku Sasak. Hingga kini, tradisi ini tetap diselenggarakan setiap tanggal 20 bulan 10 Kalender Sasak. (*)

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top