You are here
Home > NTB > NTB Writing Competition 2016 Sediakan Total Hadiah Rp 100 juta

NTB Writing Competition 2016 Sediakan Total Hadiah Rp 100 juta

Mataram – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB gelar NTB Writing Competition 2016. Even yang disponsori PT Newmont Nusa Tenggara ini menyediakan hadiah total Rp 100 juta. Lomba menulis ini juga digelar atas dukungan Persatuan Wartawan Indonesia NTB dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.

Write your story
Write your story

Lomba menulis untuk kalangan jurnalis ini mengusung tema Dari Pers untuk Kemajuan Pariwisata NTB. ‘’Wonderful NTB Writing Competition 2016 ini digelar untuk merangsang minat dan upaya meningkatkan kualitas karya jurnalistik, khususnya yang menyoroti sektor makro hingga sekto mikro dunia pariwisata NTB,’’ kata Yusril Arwan, ketua panitia didampingi Kadis Pariwisata dan Budaya NTB HL Muh Faozal dalam prescon di kantor Disbudpar NTB, Jumat (10/5).

Yusril menegaskan, karya tulis yang dilombakan adalah karya jurnalistik wartawan se-NTB, baik media cetak, maupun media elektronik. Tepatnya, karya tulis yang sudah dipublis sejak 1 April 2015 hingga Juni 2016.

Terkait kriteria penilaian, Yusril menjelaskan, adalah karya mampu memberikan informasi akurat dan berimbang serta mampu menangkap suasana dari setiap kegiatan yang dilaporkan. Juga mampu memberikan ide-ide inspiratif dan juga sebagai kritik membangun bidang pariwisata. Dan yang paling penting sambungnya, memiliki teknik jurnalistik yang baik.

Ada dua kategori yang dilombakan. Feature dan straight news. Hadiah pertama setiap kategori, panitia menyiapkan uang tunai Rp 7,5 juta. Juara kedua Rp 5 juta, juara tiga Rp 3,5 juta, dan juara empat Rp 2,5 juta.

Untuk media online, peserta bisa mengirim tulisan bersama link beritanya ke ntbwritingcompetition2016@gmail.com”ntbwritingcompetition2016@gmail.com.

Tulisan yang masuk akan diseleksi oleh tiga juri. Yakni, Jimmy Silalahi (praktisi media cetak dan elektronik), Erica Majdi (praktisi media televisi), dan Salman Faris (penulis, budayawan pemerhati lingkungan). ‘’Pengumumang pemenang akan dilakukan pada 30 Juli 2016 di Graha Bakti Praja kantor Gubernur NTB,’’ terang Yusril yang juga wartawan Lombok TV.

Sementara itu Ketua PersatuanWartawan Indonesia (PWI) NTB, Sukisman mengatakan ajang ini merupakan kegiatan positif bagi NTB dan sebagai bentuk apresisasi kepada insan pers yang turut mendukung pembangunan ekonomi dan pariwisata NTB.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga banyak memberikan manfaat bagi NTB dan tentunya bagi insan pers, pemerintah daerah dan masyarakat” harap Sukisman.

Dirinya mendukung kegiatan lomba menulis pariwisata NTB untuk jurnalis. Menurut dia langkah ini bisa menjadi ajang mempromosikan pariwisata dan mendukung pembangunan wisata NTB. “Kita mendukung kegiatan itu (Lomba menulis) sebab itu mendukung daerah. Apalagi saat ini Kementerian Pariwisata tengah fokus membangun pariwisata di NTB,” ujarnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi NTB, Herman Zuhdi juga mengatakan, lomba menulis pariwisata untuk jurnalis bisa menjadi ajang untuk mempromosikan objek wisata yang masih belum banyak terpromosikan.

“Objek wisata yang belum terekspos bisa menjadi referensi sebagai bahan tulisan.
Menurutnya, lomba jurnalistik ini pun bisa menjadi ajang bagi jurnalis mengetahui sejauh mana kapasitasnya dalam menulis. “Lomba ini menjadi ruang bagi wartawan mengukur kapasitasnya,” ungkapnya.(*)

Apink Alkaff

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top