You are here
Home > ADVENTURE > Open Trip: Menapak Jalur Putih Sembilan Wali

Open Trip: Menapak Jalur Putih Sembilan Wali

Insya Allah, ini akan menjadi cara lain memaknai datangnya bulan suci. Menapak jejak, menggali kisah dan pelajaran perjalanan reliji sembilan wali (Wali Songo). Dari Jakarta sampai Lombok.

Wali Songo merupakan sembilan tokoh bersejarah yang punya andil besar dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa, dan nusantara pada umumnya. Para wali ini bukan hanya menyebarkan Islam semata, tetapi juga aktif membangun kemajuan peradaban masyarakat setempat. Baik itu melalui pendidikan, seni budaya, dan penanaman kearifan yang bersumber dari ajaran Islam.

Banyak jejak peninggalan bangunan para wali yang tersisa di telan zaman. Tonggak-tonggak nisan dan kental sejarah yang menyertai masih tetap melekat dalam setiap nafas muslim nusantara.

Sepeninggal Wali Songo, masyarakat ingin mengingat jasa mereka dengan membangun tempat pemakaman yang agung dan megah.

Makam para Wali Songo kini dijadikan salah satu obyek wisata reliji yang tengah populer di kalangan pecinta sajarah, wabil khusus sejarah Islam Nusantara. Hampir setiap makam  Wali Songo ini selalu ramai dikunjungi peziarah Nusantara..

Makam Wali Songo ini tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Perjalanan tour wisata reliji Sembilan Wali ini bertujuan menggali penggalan sejarah perjalanan para pembawa pesan Islam di tanah Jawa sampai Gumi Paer Lombok.

ziarah Wali Songo biasanya dilakukan secara berurutan selama 7 hari. Mulai dari Jawa Timur sampai Jawa Barat, maupun arah sebaliknya.

Berikut urutan Ekspedisi Reliji Sembilan Wali Jakarta – Lombok.

  1. Cirebon: Makam Sunan Gunung Jati
    Makam Sunan Gunung Jati, salah satu makam Wali yang berada di Jawa Barat. Lokasi makam ini berada di salah satu kawasan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati berhiaskan ornamen dan piring antik dari China. Dalam sejarah yang beredar di masyarakat, Sunan Gunung Jati semasa hidupnya pernah menikahi Putri Ong Tien dari China sehingga budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di Cirebon.
  2. Demak: Makam Sunan Kalijaga
    Kota Demak bukan hanya terkenal dalam bidang sejarah budaya karena pernah berdiri Kerajaan Islam Demak. Disana juga terdapat makam Sunan Kalijaga. Lokasi makam Sunan Kalijaga sendiri agak ke daerah pinggiran kota Demak.  Inilah salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki nuansa Jawa yang sangat kental.
  3. Jepara: Makam Sunan Muria
    Makam Sunan Muria berada tepat di puncak Gunung Muria. Sebelum mencapai obyek wisata tersebut, wisatawan harus menguji mental dan fisik untuk melewati jalur mendaki dan terjal menuju lokasi makam. Namun kini sudah ada layanan ojek yang mendukung wisata ini.
  4. Kudus: Makam Sunan Kudus
    Sesuai namanya, makam Sunan Kudus berada di Kota Kudus, Jawa Tengah. Lokasi makam tak jauh dari Masjid Kudus yang memiliki menara mirip bangunan candi Hindu. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingi berziarah
  5. Tuban: Makam Sunan Bonang
    Makam Sunan Bonang memiliki beberapa versi cerita. Ada yang mengatakan Sunan Bonang dimakamkan di tiga lokasi, yaitu Rembang, Tuban, dan Pulau Bawean. Namun sebagian besar ulama dan ahli sejarah setuju bahwa makam asli Sunan Bonang berada di kota Tuban, Jawa Timur. Makam tersebut berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, tepat di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban.
  6. Lamongan: Makam Sunan Drajat
    Sunan Drajat dimakamkan di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata di Lamongan tersebut berada pada bukit dengan dikelilingi pepohonan yang luas. Untuk pengenalan sejarah budaya bagi dunia pendidikan, di sekitar makam Sunan Drajat dibangun Museum Sunan Drajat dan bisa diakses masyarakat umum secara gratis.
  7. Gresik: Makam Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim
    Kota Gresik memiliki keistimewaan memiliki dua makam anggota Wali Songo, yaitu Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Makam Sunan Giri berada di puncak sebuah bukit di daerah Kebomas, sedangkan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada tak jauh dari alun-alun Kota Gresik, Jawa Timur. Keduanya menjadi daya tarik wisata di Kota Gresik.
  8. Surabaya: Makam Sunan Ampel
    Makam Sunan Ampel berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Nyamplungan. Salah satu tempat wisata di Surabaya ini ramai dikunjungi warga muslim karena lokasinya yang berada di tengah kota dan didukung jalur transportasi yang lancar. Makam Sunan Ampel berada dalam kawasan wisata budaya Surabaya, berdekatan dengan area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab.

Rencananya, Ekspedisi Menatap Jalur Putih Sembilan Wali Lombok – Jakarta – Lombok ini akan dilaksanakan minggu pertama awal Ramadhan 2016 ini. Kawan, teman, sahib, Cees, dan sesama jamaah backpacker yang tertarik perjalanan riliji cara Islami, boleh bergabung dalam perjalanan ini. Yang berminat silahkan kontak kami.

Haris: 081933124464,  081353180435.

Apink Alkaff

 

UTARAKITA
UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda
Top