You are here
Home > NTB > Promosi ke Saudi Arabia Berbuah Manis – UTARAKITA

Promosi ke Saudi Arabia Berbuah Manis – UTARAKITA

MATARAM-Sepekan berpromosi ke Timur Tengah (Arab Saudi) dirasakan mulai berbuah manis. Sejumlah investor Arab Saudi dikabarkan akan berkunjung ke Lombok untuk melihat langsung peluang investasi di sejumlah kawasan wisata.

Rencana kedatangan investor asal Saudi Arabia ini disampaikan Vice Consul Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Saudi Arabia, Jurman Saputra Nazar kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Lalu Moch Faozal, (22/11) di Jeddah.

Kadisbudpar, Moch Faozal, langsung merespon positif rencana kunjungan tiga investor dimaksud dan siap mempertemukan pengusaha asal Arab Saudi ini dengan pemerintah NTB. “Insya Allah, dalam waktu dekat ini, NTB akan kedatangan investor Arab Saudi. Kedatangan investor ini, sebagai reaksi kalangan pengusaha Arab Saudi yang merespon presentasi kami di acara jamuan malam bersama pengusaha Arab Saudi di Konjen RI di Jeddah,” aku Faozal.

Menurut Faozal, respon positif pengusaha di negara kaya minyak ini diikuti kalangan pelaku pariwisata lain (tour operator) di tiga kota yang menjadi sasaran promosi agenda sales mission Timur Tengah (Riyadh, Dammam dan Jeddah). Yang tidak kalah pentingnya, kecantikan destinasi Lombok Sumbawa, juga mencuri perhatian kalangan pers Saudi Arabia. Antusias kalangan pers ini diharapkan membantu, promosi pariwisata Lombok Sumbawa agar lebih dikenal di Timur Tengah. “Beberapa awak media juga penasaran, dan berharap pemerintah daerah bisa memfasilitasi kalangan awak media ini, datang ke Lombok-Sumbawa yang penasaran ingin melihat dari dekat potensi wisata NTB ,” ujarnya.

Awal Desember (3-11/12) lanjut Faozal,  akan berkunjung ke NTB, pihak KJRI Jeddah bidang Ekonomi, investasi dan pariwisata) melakukan penjajakan awal terkait kunjungan delegasi Kadin Arab Saudi sebagai tindak lanjut dari pertemuan di KBRI Riyadh dan Konsulat Jenderal Jeddah.

Bukti konkrit dari promosi ke Saudi Arabia ini, dari pemberitaan media publik di Jeddah,  langsung mendapat respon warga Arab Saudi. Terbukti, pada 22 November 2015 kepulangan delegasi NTB ke Lombok diikuti sejumlah wisatawan Arab Saudi yang akan berbulan madu ke Lombok.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat dan Afrika Selatan Kementerian Pariwisata RI, Nia Niscaya, menyampaikan apresiasinya atas upaya NTB melakukan promosi bersama di agenda sales mission Arab Saudi yang langsung direspon pelaku pariwisata Arab Saudi. “Kita bisa liat langsung, promosi kita ke Saudi Arabia berbuah manis. Sejumlah wisatawan sudah berdatangan ke Lombok,” kata Nia.

Ditambahkan Nia, ada kemudahan yang diperoleh wisatawan Saudi Arabia jika berkunjung ke Indonesia. Diantaranya diberlakukan bebas visa bagi Arab Saudi. Selain bebas visa pihak kementerian pariwisata akan mengupayakan meningkatkan wearnes di Indonesia, kerjasama dengan agen perjalanan pariwisata dan akan menyiapkan program famtrip bagi awak media massa di Arab Saudi dalam waktu dekat.(*)

Editor: Apink Alkaff

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top