You are here
Home > ADVENTURE > Puluhan Porter Meriahkan Rinjani 100

Puluhan Porter Meriahkan Rinjani 100

“Gerus, juara bertahan Pegasingan Challenge”
LOTIM – Sebanyak 53 porter Sembalun ikut meriahkan even bergengsi Rinjani 100K, 5-7 Mei 2017. Para porter ini adu cepat mendaki bukit Pegasingan dengan ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut.

Gerus, porter tangguh asal Sembalun, Lombok Timur, NTB ini kembali menjadi yang tercepat untuk kategori Pegasingan Challenge. Kali ini, Gerus menyelesaikan tantangan kebut bukit Pegasingan dalam waktu 48 menit.
Untuk juara kedua, diraih Dayek, porter asal Dusun Bawak Nao, Sajang, dengan catatan waktu 48 menit 32 detik. Sedangkan juara ketiga diraih Genjok, porter asal Sembalun dengan catatan waktu 49 menit 8 detik. “Juara pertama berhak mendapatkan hadiah Rp 3 juta, juara kedua Rp 2 juta, dan juara ketiga Rp. 1 juta. Sedangkan peringkat 4 sampai 10 masing-masing mendapat hadiah Rp. 500 ribu,” kata Ketua KONI NTB, Andy Hadianto sebelum pelepasan peserta di Hotel Nusantara Sembalun.

Para porter peserta Pegasingan Challenge Rinjani 100 pose bareng Wagub NTB HM Amin, Ketua KONI NTB, Andy Hadianto, Kadis Dikpora Husnanidiyati Nurdin, dan Kadispar NTB HL Muhammad Faozal 

Selain Andy Hadianto, pelepasan peserta Pegasingan Challenge dihadiri Wakil Gubernur NTB, HM Amin dan Kadis Pariwisata NTB, HL Muhammad Faozal. Dalam sambutan singkatnya, Wagub menjelaskan, Gunung Rinjani menyimpan berbagai kekayaan hayati dan tradisi budaya yang harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan.
“Nanti malam sampai pagi, kita akan melepas Rinjani 100K, 36K, 60K, 27K yang diikuti 550 peserta dari 28 negara. Ini kebanggan bagi kita, kita harus tunjukan budaya kita yang ramah dan sesuai dengan branding halal tourism,” ungkap Muhamad Amin sebelum melepas peserta Pegasingan Challenge.
Menurut Amin, Rinjani sudah menjadi geopark nasional, bahkan siap menjadi calon geopark dunia. Ajang ini kata dia, diikuti puluhan negara asing dan tentu menjadi promosi yang akan meningkatkan minat wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke NTB.

Wagub NTB, HM Amin

Kepada wartawan, Amin juga membeberkan, pertumbuh industri pariwisata di NTB saat ini antara 19 sampai 20 persen. Dengan target kunjungan wisatawan 3,5 juta ke NTB sebut Amin, sektor pariwiaata menyumbang kontribusi 10 persen untuk nasional. “Pertumbuhan wisatawan treking ke Rinjani ini cukup signifikan. Baik wisatawan yang menikmati keindahan alam, sport tourism maupun penelitian,” imbuhnya. (*)
Apink Alkaff

apink alkaff
apink alkaff
Tentang penulis: Lahir di Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Pernah bekerja sebagai wartawan Lombok Post selama 10 tahun (2002-2012). Juga pernah menjadi kuli tinta di Jawa Pos News Network (2007-2008). Sempat juga menjadi jurnalis LKBN Antara Mataram (2015). Dan kini, menulis di Utarakita.com
http://utarakita.com
Top