You are here
Home > ADVENTURE > Selamat-kan Rinjani

Selamat-kan Rinjani

Selamat..

Selamat-kan

Selamat buat Rinjani yang mendapat anugerah baru. Anugerah pasca gempa mengguncang Rinjani ribuan kali.

Dua kali dengan kekuatan 7,0 SR. Dan ribuan kali guncangan lain yang berpusat di Rinjani dan lautan sekitarnya. Lebih sari 560 jiwa lepas dari raga. Hampir setengah juta jiwa mengungsi kehilangan rumah. Sungguh mahal penghargaan ini kawan. Jangan terlalu cepat bangga.
Ketika Rinjani bergetar, bergetarlah Lombok. Karena Lombok adalah Rinjani itu sendiri. Gerakkan perekonomian Rinjani, maka bergeraklah perekonomian Lombok. Hidupkan sendi sendi Rinjani, maka hiduplah sendi sendi kehidupan Lombok. Setelah Rinjani menggeliat,  segera tata destinasi lain.
Jangan lupa, hidupkan kembali awik awik tiga gili. Jangan lagi ada bangunan batu dan beton di tiga gili. Atau belum kapok?

Kembalikan tanah ulat rakyat. Kembalikan retribusi Rinjani menjadi pendapatan asli daerah yang harus langsung diterima dan dikelola pemda  NTB.
Cukup sudah. Jangan lagi pendapatan Rinjani dikelola Balai Taman Naaional Gunung Rinjani. Kalian gagal dan tidak mampu. Jangan lagi hasil Rinjani disedot pemerintahbpusat!
Ingat. Kembalikan retribusi Rinjani untuk Rinjani. Hayo legislator NTB, segera susun Perda Retribusi Rinjani. Tunjukkan sense of crisis-nya. Jangan bengong liat perkembangan dan perubahan alam. Sensitiflah kawan. Move on.

Hayo berbenah. Persiapkan diri menjadi  tuan rumah yang lebih baik lagi.

Rinjani yang sudah  mempercantik diri. Tidaklah patut kita berbangga tanpa berbenah kawan.

Atau selama ini kita terlalu bangga dengan segudang pengargaan dan mahkota. Atau terlalu bangga akan kemaksiatan yang kita tutup tutupi?

Salam Lestari.

Berikut kisah penganugerahan itu..
(Copas dari sebelah)
Acara Penganugerahan sertifikat resmi dari UNESCO Global Geopark kepada anggota baru dari seluruh dunia dilaksanakan semalam di Kota Madonna Di Campiglio Provinsi Trento – Italy sekitar pukul 10 malam waktu setempat. Indonesia tahun 2018 ini meloloskan dua geoparknya menjadi Geopark dunia UNESCO yakni Geopark Rinjani-Lombok dan Geopark Cileteuh – Palabuhan Ratu. Sertifikat untuk Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark diserahkan oleh anggota dewan eksekutif UNESCO Global Geopark yg juga sebagai Assessor untuk Geopark Rinjani-Lombok Mr. Maurizio Burlando dan diterima langsung oleh General Manager Rinjani Lombok Geopark Pak Chairul Mahsul didampingi oleh anggota Dewan pelaksana harian Geopark Rinjani-Lombok. Setelah melalui proses pengajuan yg cukup panjang yaitu dari tahun 2008 silam, kini usaha semua pihak telah mencapai hasil yg diharapkan. Rinjani Lombok Geopark telah diakui memiliki kekayaan alam luar biasa & berkelas internasional oleh UNESCO. Keanggotaan ini diberikan hanya untuk jangka waktu empat tahun. Untuk tetap menyandang status ini, UNESCO Global Geopark 4 tahun yg akan datang akan melakukan evaluasi. Apakah kita masih terus melakukan upaya memajukan kesejahteraan masyarakat, upaya pelestarian alam dan upaya pendidikan geopark ke semua lapisan masyarakat yg benar dan hasilnya significant atau tidak. Jawabannya semua kembali kepada kita sendiri masyarakat Lombok Mirah Sasak Adi. Ayo bergandeng tangan. (*) George Kittle Jersey

UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda
Top