You are here
Home > ADVENTURE > Setelah Elbrus, Sabar Gorky Jajal Aconcagua

Setelah Elbrus, Sabar Gorky Jajal Aconcagua

Setelah menapakkan satu kaki di titik tertinggi Rusia, Elbrus, Sabar Gorky akan menjajal dinding terjal Argentina, Aconcagua.

Selain Elbrus, penyandang tunadasa, Sabar Gorky dikenal sudah banyak menaklukkan gunung-gunung populer dunia. Antara lain, Kilimanjaro Afrika dan Cartenz, Papua.

Di-Elbrus-555x305Belakangan, petualang berkaki satu ini pun mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia, terutama di kalangan para pecinta dan penempuh rimba Nusantara dan dunia.

Karena banyak yang masih melihat penyandang disabilitas sebagai sampah, sudut pandang itulah yang selalu menyemangati Sabar Gorky dalam setiap petualangannya. “Banyak yang melihat, tunadaksa atau orang cacat itu sampah. Saya harus merubah image itu,’’ kata Gorky dalam konfrensi pers sekaligus pelepasan Tim Ekspedisi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Kami kata Gorky, hanya berserah diri dan bukan penakluk. ‘’Kami cuma mohon izin kepada Allah SWT untuk diberikan kesempatan menginjakkan kaki di puncak Aconcagua,” sambung penyandang tunadaksa tangguh ini.

Sabar Gorky juga mengaku senang karena banyak pihak yang mendukungnya untuk mengharumkan nama bangsa.

Sabar-GorkyDi tempat yang sama, Tomy Winata, pendiri Yayasan Artha Graha Peduli juga mengaku bangga bisa mendukung kegiatan petualangan baru Gorky. Menurut dia, ekspedisi ini akan memberitahu dunia bahwa Indonesia memiliki militansi dalam berprestasi.

“Kami berharap momen ini bisa jadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia bahwa kita mampu mengguncang dunia,” kata Tomy.

Adapun Komandan Korps Marinir Buyung Lalana dalam kesempatan itu juga memyampaikan kebanggaan atas nama TNI. Dia menilai, ekspedisi ini membuktikan bahwa TNI berhasil menjalankan tugas jika bahu membahu bersama rakyat.

Apalagi sebelumnya sebut Buyung, Korps Marinir telah mendampingi Sabar dalam pendakian Carstensz, Papua.

sabar-gorky-ok“Ini adalah untuk kedua kalinya anggota Korps Marinir ikut dalam pendakian bersama Sabar,” kata Buyung.

Sementara mantan Dubes Indonesia di Argentina, Kartini, juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap para pendaki Indonesia ini.

Karena selama jadi Dubes di Argentina sebutnya, ekspedisi dari Indonesia selalu berhasil. “Pendaki Indonesia itu kelihatan kurang gizi dan kurus-kurus tetapi ulet mencapai puncak,” ujarnya disambut tawa peserta konferensi pers.

Perlu diketahui Gunung Aconcagua di Argentina, Amerika Latin ini merupakan gunung tertinggi ke empat yang akan ditaklukkan Sabar Gorky. Gunung ini memiliki ketinggian 6.962 m (22.841 kaki) dan merupakan gunung terbesar di benua Amerika.(*)

Editor: Apink Alkaff

Sumber: MapalaPTM.com

 

UTARAKITA
UTARAKITA
Portal berita dan petualangan yang menyajikan sudut pandang berbeda
Top