Terbang Perdana, 9 Juni Air Asia Perth-Lombok

0
637

20 Pelaku Wisata akan Diboyong ke Australia

Mataram – Pasca bencana, saat ini iklim pariwisata Lombok-Sumbawa belum normal. Namun, rencana kehadiran maskapai Air Asia yang akan terbang perdana 9 Juni 2019 dari Perth-Lombok ini memberikan harapan baru. Rencananya, 20 pelaku wisata Lombok juga bakal diboyong untuk menggelar sales promotion di Australia. Diharapkan, dijadikannya Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) sebagai Hub kelima Air Asia bakal meningkatkan jumlah wisatawan Australia berkunjung ke Lombok.

“Air Asia akan terbang mulai 9 Juni ini. Penjualan tiketnya dimulai awal Maret. Rencananya akan kita launching bersama Air Asia,” jelas Kadis Pariwisata NTB HL Muhammad Faozal dalam press conference di Lombok Raya, Rabu, 20 Februari.
Semangat yang sama juga disampaikan Kasubdit Area IA Regional IV Kemenpar, Arya Galih Anindita. Menurutnya, selain sales missions di Perth, Kemenpar RI juga akan melakukan strategi online dan offline. “Untuk online kita akan kerjasama ciptakan awareness. Sedangkan offline kerjasama sales di Australia yang memiliki jaringan retail store dan agen penjual paket ke Lombok,” jelasnya.
Untuk mendukung pembukaan rute penerbangan baru ini, Air Asia akan mengoperasikan dua unit pesawat Airbus 320 dengan 180 kursi. Bahkan, salah satu pesawat Air Asia tersebut bakal di branding, “We Lombok Lombok”.
“Untuk optimalisasi penerbangan Air Asia, kami mendapat dukungan dari pemerintah pusat Pemprov NTB dan Kemenpar. Kami berharap rute ini bisa berikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata Lombok,” kata Station Manager AirAsia Lombok, Didit Indra.
Ditempat yang sama, Ketua GIPI NTB, Awan Aswinabawa menyebutkan, wisatawan Australia selalu masuk lima besar kunjungan terbanyak, penerbangan Air Asia. Rata-rata kata Awan, wisatawan Ausy menetap di Lombok selama lima hari dan menghabiskan sekitar 175 US dolar.
“Semoga ini bisa sukses sehingga pascagempa bisa jadi kebangkitan kita semua. Dari industri kita juga sudah siapkan paket-paket wisata dari Australia kerjasama dengan agen dari Australia juga. 28 Maret kita ada sales missions ke Australia semoga bisa kita maksimalkan,” ungkap Awan. (*)
Apink Alkaff